Duh… Jembatan Gantung di LASAHAN Butuh Perhatian Pemerintah Daerah

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Masyarakat Polak Boda Jorong Tanah Mungguak Nagari Sitanang Kecamatan Lareh Sago Halaban (LASAHAN) Kabupaten Limapuluh Kota berharap perbaikan Jembatan Gantung yang membentang di atas Batang/Sungai Sinamar, Jembatan yang berusia puluhan tahun itu kondisinya saat ini terbilang parah, lantai jembatan tersebut banyak yang bolong dan mengancam keselamatan nyawa masyarakat yang melintas. Selain itu, sling jembatan juga banyak yang berkarat, termasuk papan kayu penahan jembatan mulai lapuk.

Jembatan gantung Palak Boda sepanjang 80 Meter itu merupakan akses utama masyarakat ke pemukiman maupun menuju lahan pertanian mereka, termasuk akses menuju lokasi praktek Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (PPNP) serta menghubungkan dengan Nagari Ampalu.

Jembatan tersebut dibangun sekitar tahun 80 an dan untuk perbaikan hanya bisa dilakukan secara swadaya dengan perbaikan ringan melalui dana Nagari. Untuk itu pemerintah Nagari berharap Pemerintah Daerah bisa menjadikan pembangunan Jembatan tersebut kedepannya menjadi prioritas.

” Iya, jembatan Polak Boda ini akses menuju pemukiman masyarakat dan menuju ke laham pertanian, termasuk untuk menuju lokasi praktek Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (PPNP) serta menghubungkan dengan Nagari Ampalu. Kondisinya saat ini besi penyangga dan kawat sling juga rapuh dan berkarat, papan/lantai rusak,” ucap Walinagari Sitanang, Hardison Dt. Tulahir didampingi Kapolsek Luhak, AKP. Rika Susanto didampingi Kanit Reskrim Polsek Luhak, AIPDA. Efri serta Ketua Pemuda, Muslim saat meninjau Lokasi Jembatan, Sabtu pagi 2 Desember 2023.

Hardison juga menambahkan, terkait perbaikan Jembatan Polal Bada agar lebih baik ataupun permanen telah berulangkali disampaikan melalui MUSRENBANG Nagari maupun MUSRENBANG Kecamatan, namun hingga kini tak kunjung mendapat perhatian Pemerintah Daerah.

” Untuk perbaikan atau menjadikan Jembatan Polak Boda permanen telah berulangkali disampaikan melalui MUSRENBANG Nagari maupun MUSRENBANG Kecamatan, namun hingga kini tak kunjung mendapat perhatian Pemerintah Daerah. Kami berharap kedepannya ada perhatian dari Pemerintah Daerah,” harapnya.

Jembatan Polak Boda tersebut juga merupakan akses bagi peserta didik berbagai tingkatan untuk menuju sekolah, banyak masyarakat berharap agar perbaikan jembatan menjadi lebih baik bisa terealisasi, sehingga masyarakat merasa aman dan tidak was-was saat melintas di Jembatan Gantung yang dibawahnya merupakan Batang/ Sungai Sinamar itu. (Edw).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *