Dukung UMKM, Bupati Irfendi Arbi Turun Langsung Promosi ke Gubri

Limapuluh Kota, dekadepos.com

Pemasaran dan promosi merupakan salah satu kendala bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Limapuluh Kota.  Menyadari hal itu,  Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota selalu berupaya mengikuti berbagai pameran baik di dalam maupun luar daerah. 

Untuk mengenalkan produk UMKM dari daerahnya,  bupati setempat H.  Irfendi Arbi bahkan tak segan turun langsung mempromosikan ke pada publik. Hal itu setidaknya juga dilakukan Irfendi Arbi ketika mengikuti pameran pada acara HUT IKMR ke 50 di Pekanbaru, Senin (24/2). 

Pada kesempatan itu Irfendi Arbi didampingi isteri Ny.  Monalisa Irfendi Arbi mengenalkan langsung sejumlah produk kuliner asal Limapuluh Kota kepada Gubernur Riau (Gubri), Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, sejumlah bupati dan walikota Sumbar dan para pengurus IKMR,  serta para pengusaha Minang asal Minang dan pengusaha di Riau.

“Silahkan pak gubernur dan bapak ibu nikmati enak dan gurihnya produk kuliner kami.  Saya yakin,  sekali mencoba, bapak ibu akan ketagihan dengan beragam produk UMKM kami ini,” ujar Irfendi mempromosikan dan menghadiahi produk UMKMnya kepada Gubri,  Wagub dan para bupati dan walikota serta para pengusaha di Riau. 

Sejumlah perantau Minang di Negeri Lancang Kuning itu mengacungi jempol atas kegigihan Bupati Irfendi Arbi mengenalkan produk UMKM dari daerahnya itu.

“Saya salut dengan Bupati Irfendi Arbi.  Demi memajukan ekonomi, beliau tak segan mempromosikan langsung produk UMKM masyarakat kepada para pengunjung stand pameran HUT IKMR ke 50 ini, ” ungkap Ketua Ikatan Perantau Kecamatan Harau (IPKH)  Kota Pekanbaru Risman.

Menurut Risman yang juga pengurus Gonjong Limo Pekanbaru Bidang Seni dan Budaya,  promosi merupakan salah satu yang sangat menentukan pemasaran produk yang hasilkan.

“Persoalan promosi memang harus menjadi perhatian para pelaku usaha,” kata Risman. 

Sementara itu Irfendi Arbi menjawab wartawan usai menjelaskan panjang lebar tentang produk UMKM dari daerahnya kepada Gubri dan pengunjung stand pameran Pemkab Limapuluh Kota tersebut menjelaskan,   selain promosi,  para pelaku usaha juga mesti konsistensi menjaga kualitas produknya, 

“ Tak hanya mengiatkan promosi,  kita juga harus konsisten menjaga kualitas  produk, ” ucap Irfendi. (edw)