Embung Tabek Gadang Hampir Rampung, Destinasi Wisata Baru di Bukittinggi

Bukittinggi,Dekadepos.com.

Walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias bersama Anggota DPRD,Rismaidi didampingi Direktur PDAM Tirta Jam Gadang,H.Murdi Tahmam serta sejumlah OPD terkait, meninjau pekerjaan Embung Tabek Gadang kecamatan ABTB, Rabu (31/ 10/2018) .

Bacaan Lainnya

Direktur PDAM Tirta Jam Gadang,H.Murdi Tahman,pada kesempatan itu menjelaskan, saat ini pekerjaan embung Tabek Gadang sudah mencapai 63 porsen . Pekerjaan dilaporkan lancar tanpa kendala, karena seluruh proses berjalan sesuai aturan, karena upaya pembebasan lahan untuk pekerjaan ini sudah diselesaikan dengan masyarakat pemilik tanah.

“Proyek ini bernilai Rp 9 milyar lebih, berasal dari dana APBN tahun 2018. Sementara untuk pembebasan lahan menggunakan dana APBD Bukittinggi dan juga keuntungan dari PDAM sendiri. Target kita akhir tahun 2018 ini selesai,” ujar Murdi Tahmam.

Disela sela peninjauan itu,Walikota Bukittinggi,H.Ramlan Nurmatias kepada wartawan menyebutkan, progres pekerjaan embung ini masih baik. Dan Embung Tabek Gadang ini menjadi ditarget untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Bukittinggi.

“Jika Embung ini selesai, akan menghasilkan 400 liter air per detik. Jumlah yang cukup signifikan. Air ini akan dialirkan ke reservoir di Belakang Balok untuk dicuci, setelah itu kita alirkan ke rumah warga.Disamping itu Embung Tabek Gadang ini juga akan dijadikan areal wisata baru,sehingga masyarakat sekitar embung dapat pula meningkatkan ekonominya dengan berjualan di sekitar Embung Tabek Gadang,ujar Ramlan Nurmatias.

Kemudian,kepada Camat ABTB,Lurah dan Direktur PDAM untuk dapat me nyelesaikan persoalan yang ada disekitar Embung Tabek Gadang,sehingga pada saat Embung ini selesai semua persoalan beres,dan Embung dapat dioperasional kan secara baik.Dan masyarakat dapat juga menikmati areal wisata baru,kata Walikota Ramlan Nurmatias.

Dan ditambahkan oleh Walikota,Untuk jalan masuk menuju Embung juga telah diupayakan anggota DPR-RI,Ade Rezki Pratama melalui APBN tahun 2019. Dan kita berharap dana itu dapat direalisasikan pada tahun 2019, sehingga jalan masuk ke Embung ini dapat dikerjakan,tentunya dengan batu alam untuk mengu rangi panas,ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Bukittinggi, Rismaidi, yang juga Tokoh Masya rakat Tabek Gadang,sangat mengapresiasi upaya Walikota dan juga pemko Bukit tinggi dalam mengawasi setiap pekerjaan pembangunan. “Kita atas nama masyara kat Aur Kuning, sangat apresiasi atas upaya yang dilakukan. Jadi Walikota tidak ha nya menunggu laporan saja di kantor, tapi langsung meninjau ke lapangan melihat fakta dan realisasinya, ungkap Ketua DPC.PPP kota Bukittinggi itu berharap peker jaan embung ini juga dapat selesai tepat waktu tanpa ada kendala yang berarti.

Dari Embung Tabek Gadang,Walikota didampingi Kadis Pendidiklan dan Kebudayaan ,H.Melfi Abra dan Kabid Pendidikan Dasar,Almisri,Kabid Cipta karya , Dinas PU-PR,Fauzan meninjau pekerjaan SDN 02 Aua Kuning,terus ke SDN 17 Pa kan Kurai, terus lagi ke SMPN 5 dan berakhir di SDN 10 ATTS.

Mewnurut Walikota,Peninjauan yang dilakukannya itu merupakan bahan untuk rapat Evaluasi yang diadakjan besok (Kamis hari ini-red) bersama pimpinan SKPD.jadi dengan peninjaun ini,tentu apa yang kita lihat dilapangan akan dising kronkan dengan laporan pimpinan SKPD masing masing,ujar walikota Ramlan Nur matias.
Namun,pada intinya semua kegiatan yang ditinjau berjalan baik,dan me mang ada beberapa pekerjaan yang bermasalah,dan bagi yang bermasalah itu di minta kepada SKPD terkait untuk dapat menyelesaikannya,tambah walikota.(Edis )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *