Fery Chofa: Terkait Pengambilan Swab, Kita Bekerja Sesuai Pedoman

oleh -50 views

Limapuluh Kota, dekadepos.com

Terkait dengan tracking pasien positif Corona dan pengambilan Swab, Gugus Tugas Kabupaten Lima Puluh Kota, sejauh ini telah bekerja sesuai dengan panduan dan pedoman yang ada.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kominfo, Fery Chofa selaku juru bicara gugus tugas penanganan Covid 19 di Limapuluh Kota kepada awak media.

Menurutnya, pedoman itu berdasarkan penetapan, baik yang ditetapkan oleh Kemenkes, BNPB, maupun Kemendagri.

“Ada Alur dan Protapnya untuk Pengambilan Sampel Swab ini,” ujar Fery Chofa dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/5/2020).

Dikatakan, pengambilan sampel swab tersebut diutamakan terlebih dahulu kepada mereka yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid 19. 

Seperti, keluarga serumah, kontak dekat, tetangga bersebelahan dan kontak sosial yang merupakan kontak dalam suatu kegiatan atau aktifitas sosial tertentu.

Sejauh ini, pihaknya telah melakukan tracking atau penulusuran kepada mereka yang kontak dengan beberapa pasien terkonfirmasi positif tersebut.

Ia merinci, untuk pasien bernisial Y (59) warga Manggilang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, telah dilakukan pengambilan Sampel Swab sebanyak 35 orang. Dengan rincian, 18 orang sampel sudah dikirim ke lab dan menunggu hasil, dan 17 orang telah diambil swabnya hari ini (Rabu,red) oleh RSUD Achmad Darwis.

Kemudian, penelusuran kontak erat pasien E di Balai Tolang, telah diambil Sample Swab sebanyak 13 orang. Selanjutnya, penelusuran Kontak DY, di Taeh Baruah sebanyak 7 orang.

“Saat ini telah dikirim ke Lab dan menunggu hasil. Kita berdoa tidak ada penambahan kasus positif lagi,” sebutnya.(edw)