Festival Solok 5 Danau Berlangsung Semarak dan Meriah

oleh -101 views

SOLOK, dekadepos.com-

Bupati Solok, H. Epyardi Asda, M. Mar. membuka acara Festival Solok 5 Danau,  dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Solok yang ke 109 tahun 2022 yang jatuh 9 April mendatang. Festival Solok 5 Danau, dibuka Bupati Solok, H. Epyardi Asda, bertempat di Dermaga Singkarak pada Sabtu (19/3).

Bahkan Bupati terkagum karena Lebih dari 2000 jamba (hidangan tradisonal) dari 74 nagari ikut meramaikan, serta penampilan tradisi budaya masing-masing nagari.

Bupati Solok Epyardi Asda didampingi Forkopimda, Kepala SKPD Kabupaten Solok, saat membuka acara tersebut mengatakan, pada awalnya ia tidak menyangka acara tersebut akan tampil dengan semarak. Bahkan jamba yang dari awal diprediksi hanya 500 bertambah banyak hingga mencapai 2000 lebih.

Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda Dt. Sutan Majo Lelo, M. Mar, dalam arahannya menyampaikan ucapan terimakasi kepada panitia karena telah mengakomodir kegiatan pada hari ini dengan sangat baik.

Alhamdulillah pada hari ini kita melaksanakan kegiatan pembukaan Hari Jadi Kabupaten Solok yang ke 109 dengan mengusung tema “Solok bersatu tumbuh dan madani”

“Semoga kegiatan ini menjadi sebuah awal dari kebangkitan Solok dimana sesuai dengan visi dan misi Mambangkin batang tarandam menjadikan kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat,” terang H. Epyardi Asda

Selain itu Bupati juga terkagum dan memuji dengan arakan bajamba (makan bersama) yang hadir. ”

“Awalnya saya mendapat informasi dari panitianya bahwa diperkirakan yang akan hadir hanya diatas  500 an. Tapi di luar dugaan ternyata partisipasi masing-masing nagari sangat tinggi hingga lebih dari 2000,” ucap H. Epyardi Asda.

Pihaknta menjelaskan bahwa dendan banyaknya jamba yang hadir ini menunjukan kecintaan masyarakat terhadap tradisi budaya dan, masih tingginya rasa kekeluargaan masyarakat Kabupaten Solok.

Untuk itu kata Epyardi, masyarakat Kabupaten Solok mesti menjaga kearifan tersebut. “Saya mengajak masyarakat untuk tetap kompak sehingga apa yang diupayakan pemerintah dalam membangun Kabupaten Solok ikut berjalan dengan baik,” harap H. Epyardi Asda.

Selaku Bupati, pihaknya sangat senang sekali dan bangga. Masyarakat sangat antusias dalam acara ini. Mungkin karena sudah dua tahun tak pernah digelarnya acara karena covid-19 yang pada saat itu masih tinggi. Ini juga gambaran bahwa masyarakat kami ingin memeriahkan hari jadi Kabupaten Solok dengan rasa kekeluargaan saling mendukung. “Ini juga yang membuat kami di pemerintah membuat semangat dengan moto Solok Super Tim,” tambah Epyardi Asda.

Sebelum makan bajamba, ribuan masyarakat dari 74 nagari di Kabupaten Solok mengadakan arak-arakan dari rumah pribadi Bupati Solok di Singkarak menuju Dermaga Singkarak.

Di lokasi, juga digelar indang yang sudah kategori langka di Sumatera Barat. Selain itu Dinas Pariwisata Kabupaten Solok juga menyerahkan penghargaan berupa piagam kepada sejumlah desa wisata.

Bahkan, untuk menarik minat sanggar dalam melestarikan indang. Bupati Solok H. Epyardi Asda memberikan bantuan dari uang pribadinya senilai Rp10 juta kepada peserta yang tampil pada acara tersebut.

Dijelaskan Epyardi, melihat tingginya animo masyarakat terkait acara tradisi budaya, ia akan menggarkan dana untuk melestarikan kegiatan budaya pada tahun anggaran perubahan.

Tak hanya itu, karena acara tersebut juga mendatangkan pariwisata serta berdampak pada UMKM yang ada, ia pun berjanji akan menambah anggaran untuk UMKM.

“Kalau melihat acara hari ini, saya akan menambah anggaran untuk pariwisata dan UMKM selain tentunya pertanian. Semoga saja covid-19 ini segera hilang, ekonomi kita menggeliat lagi dan pendapatan daerah ikut bertambah,” terang H. Epyardi Asda.

Sebelumnya Ketua panitia pelaksana, Edisar Dt. Manti Basa, SH, M. Hum, dalam laporannya menyampaikan bahwa latar belakang kegiatan ini salah satu nya adalah event yg rutin di agendakan setiap tahunnya oleh Pemkab Solok.

“Event ini diangkat sebagai gambaran besarnya potensi alam dan wisata di kabupaten solok dengan bentangan 5 danau. Melalui kegiatan ini diharapkan akan dapat menjadi monemntum untuk membangkitkan semangat masyarakat dalam memajukan Kabupaten Solok ini,” terang Edisar Dt. Manti Basa.

Dasar kegiatan ini peraturan daerah no 2 tahun 2009 tentang penetapan hari jadi kabupaten Solok.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini untuk memeriahkan hari jadi kabupaten Solok ke 109 dalam rangkaian kegitan yang bersifat kebudayaan hiburan,” papar Edisar Dt. Manti Basa.

“Selaku ketua umum kepanitiaan ultah hari ini merupakan pengabdian saya sebagai ASN karna setelah lebaran saya akan memasuki masa purna bakti,” jelas Edisar Dt. Manti Basa. (jarbat)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.