Gambaran Wajah Pendidikan Pada Masa New Normal Life

oleh -449 views

Oleh: Bayu Destriawan
Guru SMP N 1 Payakumbuh

Akhir-akhir ini mungkin kita sering mendengarkan  frasa new normal life baik di media cetak maupun media elektronik. Secara awam apa bila dilihat dari makna katanya new normal life berarti kehidupan normal baru. Normal Baru adalah sebuah istilah dalam bisnis dan ekonomi yang merujuk kepada kondisi-kondisi keuangan usai krisis keuangan pada 2007-2008, resesi global 2008–2012, dan pandemi covid-19. Sejak itu, istilah tersebut dipakai pada berbagai konteks lain untuk mengimplikasikan bahwa suatu hal yang sebelumnya dianggap abnormal menjadi umum.

Pandemi covid-19 telah membuat semua sektor berubah drastatis baik sektor formal maupun sektor informal. Termasuk di dalamnya sektor pendidikan. Perubahan yang mendasar di bidang pendidikan terlihat nyata dari sistem pendidikaan itu sendiri baik dari segi proses pendidikan, metode pembelajaran, lingkungan pendidikan bahkan anggaran.

Perubahan-perubahan itu bertujuan untuk menyukseskan tujuan pendidikan di Indonesia. Sistem pendidikan di Indonesia harus bisa menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu, serta korelasi dan efisiensi manajemen pendidikan. Kemudian Sistem pendidikan nasional harus mampu meyesuaikan dengan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.

Pada tatanan pemerintahan sekarang ini sistem pendidikan nasional harus bisa menyesuaikan diri di tengah-tengah pandemi. Seperti yang diungkapkan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) kita harus hidup berdampingan dengan covid-19. Pandangan ini dilandasi oleh potensi bahwasannya virus corona ini belum bisa hilang dalam waktu dekat bahkan sampai vaksinnya ditemukan.

Beberapa ahli dan pakar kesehatan dunia juga memperkirakan vaksin covid-19 akan ditemukan pada tahun 2021. Oleh karena itu new normal life adalah sebutan yang bisa kita aplikasikan dalam beraktivitas terutama dalam mencapai tujuan pendidikan nasional sambil menunggu keadaan benar-banar normal.

Ketua tim pakar gugus tugas percepatan penangganan covid-19 Prof. Drh. Wiku Adisasmito, M.Sc., Ph.D. (Sekretaris MWA UI dan Guru Besar FKM UI) mengatakan, new normal life adalah perubahan prilaku masyarakat untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun tetap menerapkan protokol kesehatan guna untuk mencegah penularan virus covid-19.

Berdasarkan deklarasi tersebut dapat dipahami bahwa hidup berdampingan bukan berarti meyerah tetapi kita belajar untuk menyesuaikan keadaan kita dengan lingkungan dengan cara cuci tangan setelah beraktivitas, memakai masker, jaga jarak, menghindari kerumunan, meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kebersihan adalah budaya baru yang harus kita lakukan pada masa new normal life ini.

Berdasarkan pendapat yang dikemukakan oleh tim gugus percepatan penanganan covid-19, new normal life akan memberikan dampak positif terhadapat sektor pendidikan. Ketika new normal life diterapkan maka sistem pendidikan terutama kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat dilakukan dengan baik sehingga tujuan kurikulum pendidikan bisa tercapai asalkan pelaksanaannya juga sesuai protokol kesehatan.

Menurut Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam pernyataan resminya di istana merdeka (15/5), kegiatan pendidikan di sekolah akan dibuka setelah fase I dan II dilakukan dan dievaluasi. Pada fase III  yang bertepatan pada 15 juni 2020 barulah kegiatan pendidikan di sekolah dibuka dengan sistem shift sesuai jumlah kelas.

Adapun syarat new normal menurut direktur regional WHO Dr. Hans Henri P.Kluge dalam setiap langkah untuk meringankan pembatasan dan transisi harus bisa memastikan bahwa transmisi covid-19 telah dikendalikan. Kemudian kesehatan masyarakat dan kapasitas sistem kesehatan mampu mengidentifikasi, mengisolasi, menguji, melacak kontak dan mengkarantina.

Selanjutnya mengurangi resiko wabah dengan pengaturan ketat terhadap tempat yang memiliki kerentanan tinggi terutama di rumah orang lanjut usia, fasilitas kesehatan mental, dan pemukiman padat. Lalu pencegahan di tempat kerja dengan memperhatikan jaga jarak fisik, menyediakan fasilitas mencuci tangan, memperhatikan etika penerapan pernafasan. Selanjutnya resiko penyebaran imported case dapat dikendalikan. Hingga masyarakat juga ikut berperan dan terlibat dalam transisi.

Jika syarat new normal dapat dipenuhi oleh suatu daerah yang mengalami pandemi ini maka kegiatan pendidikan di sekolah dapat dilakukan asalkan tetap mempertahankan protokol kesehatan. Semoga sistem pendidikan di Indonesia selama new normal life ini bisa berjalan dengaan baik. Sehingga tujuan dan cita-cita pendidikan di Indonesia bisa tercapai.


Sumber :
Dewayani, Tantri. 2020. Flexible Working Space (FWS) Sebagai New Normal Kementerian Keuangan Pasca Pandemi Covid-19. Dalam https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13122/Flexible-Working-Space-FWS-Sebagai-New-Normal-Kementerian-Keuangan-Pasca-Pandemi-Covid-19.html. Diakses pada 26 Mei 2020.


Herwanto. 2020. Hadapi ‘New Normal Life’ , Apeksi Imbau Pemda Persiapkan Diri. Dalam https://www.kompas.tv/article/82015/hadapi-new-normal-life-apeksi-imbau-pemda-persiapkan-diri. Diakses pada 26 Mei 2020.


Sugiharto, Jobpie.2020. New Normal Covid-19, Jokowi Kerahkan TNI dan Polri di Keramaian. Dalam https://nasional.tempo.co/read/1346439/new-normal-covid-19-jokowi-kerahkan-tni-dan-polri-di-keramaian/full&view=ok. Diakses pada 26 Mei 2020.