Gara-gara Corona, Ratusan Calon Jemaah Umroh Payakumbuh Belum Bisa Ke Arab Saudi

Payakumbuh, Dekadepos.com

Ratusan Calon Jemaah Umroh yang akan diberangkatkan dalam waktu dekat melalui sejumlah Biro Umroh di Kota Payakumbuh, terancam tidak bisa melaksanakan Ibadah Umroh Ke Tanah Suci Mekkah di Arab Saudi karena adanya pelarangan masuk/peghentian sementara masuk ke Negara tersebut terkait Kasus Corona.  

hal tersebut diungkapkan oleh Plt. Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Payakumbuh, Jufrimal, Kamis sore 27 Februari 2020. Menurut pria yang juga menjabat Kasi Urusan Haji dan Umroh itu, ratusan Calon Jemaah itu tersebar di tiga biro Umroh yang resmi terdaftar di Kantor Kemenag. Meski jadwal pemberangkatan ratusan Calon Jemaah Umroh itu terundur, Jufrimal meminta mereka (Calon Jemaah Umroh.red) itu tetap dan dan menunggu waktu pengunduran pemberangkatan tiba.

Plt. Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Payakumbuh, Jufrimal.

“ Berdasarkan data yang kita peroleh dari Bidang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kantor Kemenag Propinsi Sumbar, bahwa memang untuk pengurusan Visa dihentikan sementara/mereka belum bisa diberangkatkan untuk Umroh. Biro Umroh yang akan  memberangkatkan Calon Jemaaj Umroh dalam beberapa hari kedepan, harus menjadwal ulang, kalau tidak tentu tidak akan mendapatkan visa dari Konsulat.” Ujarnya.

Pengunduran/tidak dikeluarkanya visa tersebut agar mereka yang akan datang ke Arab Saudi tidak terjangkit/terinfeksi virus Corona.

Ia juga menambahkan, adanya penghentian sementara untuk masuk ke Arau Saudi hingga beberapa hari kedepan. Meski adanya penghentian sementara masuk ke Arab Saudi, Jufrimal menyebut hal tersebut tidak akan berpengaruh pada Musim Haji nanti.

“ Kita rasa untuk musim haji nanti tidak akan berpengaruh, kita minta masyarakat untuk tetap tenang dan menunggu informasi selanjutnya.” Tutupnya. (Edw).