Gubernur Irwan Prayitno dan Kapolda Sumbar lakukan Panen Raya di Minangkabau

oleh -71 views

Batusangkar, dekadepos.com

Aktivitas panen raya di sawah kelompok tani Sawah Padang Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang, Rabu, (08/07/20) dilaksanakan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama Kapolda Irjen Pol Toni Hermanto, Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Nusirwan.

Dalam kesempatan itu, Gubernur menyatakan, Tanah Datar merupakan daerah agraris bukan daerah industri. Tanah DatarĀ  merupakan daerah agraris yang memiliki lahan pertanian luas menjadi penyangga produksi pangan.

Sumatera Barat termasuk sembilanĀ  daerah penyangga pangan terbesar yang mengirimkan dan mengsuply pangan keluar provinsi, dan Tanah Datar merupakan salah satu sentra produksi pertanian di Sumatera Barat, ucap Irwan Prayitno.

Dikatakan, PDRB (Pendapatan Domistik Regional Bruto ) Tanah Datar 30 persen bersumber dari pertanian, dengan rata-rata produksi, 5,7 ton. Namun ada daerah mampu mencapai delapan ton hingga 12 ton. Produksi ini harus ditingkatkan dengan perbaikan teknologi, penyediaan bibit unggul, pupuk, perbaikan irigasi, bila perlu mencetak sawah baru, dan mencegah alih fungsi lahan.

Ada lagi satu prestasi Tanah Datar, IP (Indeks Pertanaman) dalam satu tahun mencapai 2,7, jauh di atas rata-rata provinsi Sumatera Barat, yakni, sebesar 1,8. Suatu hal yang sangat menggembirakan, tentu akan meningkatkan kesejahteraan petani, sehingga hal itu juga menyebabkan Provinsi Sumatera Barat tidak terlalu terdampak dengan bencana pandemi corona virus.

Gubernur juga mengapresiasi para petani, meskipun dalam situasi pandemi tetap bekerja, tetap panen, dan tetap produktif dengan mengikuti protokol kesehatan di masa new normal.

Pelaksanaan panen raya di sawah kelompok tani Sawah Padang Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang memanfaatkan varietas Bujang Marantau seluas lima hektar dengan potensi panen 60 hektar.

Ikut memberikan kata sambutan, Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang Nusyirwan, Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar Yulfiardi, Wali Nagari Minangkabau Imhar, dan dihadiri, Forkompimda Tanah Datar, serta undangan lainnya. (hatiar)