Gusmal Dikabarkan Gandeng Irfendi Arbi, Ini Komentar Warga Luak Limopuluah  

oleh -2.670 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Dua pekan terakhir, hiruk-pikuk politik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, benar-benar sedang berkecamuk. Bahkan, kecamuk Pilgub di ranah Minang ini semakin panas, ketika Partai Demokrat dan PAN sudah memberikan rekomendasi kepada Mulyadi dan resmi berpasangan dengan Ali Mukhni.

Sementara Bupati Solok, Gusmal Datuak Rajo Lelo, yang sudah mendapatkan rekomendasi dari Partai Golkar, memunculkan kabar mengejutkan akan berpasangan dengan Bupati Limapuluh Kota, Ir. Irfendi Arbi, MP, maju sebagai pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar yang akan bertarung pada Desember 2020 mendatang.

Beredarnya isu bahwa Partai Golkar akan berkoalisi dengan PDI-P pada Pilgub Sumbar dan konon akan mengusung Bupati Solok dua periode Gusmal sebagai balon Gubernur, sepertinya memberikan setitik air di tengah dahaga masyarakat Solok Raya (Kabupaten Solok, Kota Solok dan Solok Selatan).

Pasalnya, sejak satu dekade terakhir setelah Gamawan Fauzi menjabat Menteri Dalam Negeri (Mendagri), nyaris tak ada putra terbaik dari Solok Raya berselera maju ke Rumah Bagonjong Padang.

“ Sosok Gusmal merepsentasikan keinginan masyarakat Solok Raya yang selama ini seakan kehilangan figur di kancah politik Sumbar dan masyarakat Solok Raya dipastikan akan memberikan dukungan untuk Gusmal jika maju Pemilihan Gubernur Sumbar,” ungkap warga Solok Raya berkomentar.

Kemudian munculnya nama Bupati Limapuluh Kota, Ir.Irfendi Arbi,MP,  yang diisukan akan pendampingi Gusmal maju sebagai balon Gubernur, menurut masyarakat Luak Limopuluah ini adalah sejarah baru, karena belum pernah ada putra Luak Limopuluah maju sebagai pemilihan kepala daerah di Sumbar.

Bupati Solok, Gusmal, ketika diminta komentarnya terkait beredarnya isu Partai Golkar akan berkoalisi dengan PDI-P dan dikabarkan akan memasangkan dirinya dengan Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, walau mengaku belum mendapat informasi pasti soal isu itu, namun dia menyatakan bahwa munculnya nama Irfendi Arbi sebagai cawagub Sumbar, ini sangat menarik.  

“ Secara peta wilayah, Gusmal-Irfendi Arbi, tentu sangat menarik,” ujar Gusmal lewat pesan WhatsApp.

Sementara itu Irfendi Arbi yang coba dihubungi media ini, sayang tidak berhasil dikonfirmasi. Kabar yang terima awak media ini, Irfendi Arbi sedang tugas ke luar kota.

Apakah kepergian Irfendi Arbi ke luar kota tersebut erat kaitannya dengan isu politik yang menyebutkan dia akan maju sebagai bakal calon Wakil Gubernur Sumbar mendampingi Gusmal? Entahlah!

Namun yang pasti, jika isu yang menyebutkan Irfendi Arbi memilih maju sebagai cawagub dan bertarung merebut kursi orang nomor dua di Propinsi Sumatera Barat mendampingi Gusmal, tentu keberanian putra Simalanggang, Kabupaten Limapuluh Kota itu menjadi sejarah baru bagi kancah politik di ranah Minang, karena sejauh ini memang belum pernah ada putra Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan kabupaten Limapuluh kota, red) yang berani maju pada Pilkada Sumbar.

Seorang tokoh muda Luak Limopuluah, Bambang Nasrul yang juga kader Partai Golkar mengaku sangat mendukung jika Irfendi Arbi maju sebagai cawagub mendampingi Bupati Solok, Gusmal.

“Gusmal-Irfendi adalah duet yang tepat pimpin Sumbar,” ujar Bambang Nasrul berpendapat.

Menurut hemat Sekretaris PD AMPG Kabupaten Limapuluh Kota itu,  Bapak Irfendi Arbi itu simbol kebangaan Luak limopuluah. Mau maju jadi bupati dua periode, atau pun maju jadi cawagub Sumbar mendampingi Bapak Gusmal, pasti akan mendapat dukungan besar dari masyarakat.

“Pasalnya,  Gusmal-Irfendi itu adalah pemimpin yang pro rakyat. Bapak Irfendi dengan Bapak Gusmal adalah poros yang sangat strategis. Pak Gusmal kuat di Solok Raya, sedangkan Bapak Irfendi Arbi adalah sosok tokoh pemimpin yang juga sentral dan sangat dikenal dikalangan tokoh-tokoh Sumbar dan dia adalah Bupati yang dekat dengan masyarakatnya,” ujar Bambang Nasrul berpendapat.

Sebagai generasi muda di Luak Limopuluah, ulas Bambang Nasrul, dia mengaku bangga kalau ada putra Luak Limopuluh yang maju untuk merebut kepemimpinan di Propinsi Sumatera Barat.

“ Jika Bapak Irfendi Arbi dapat meraih raih kepemimpinan di Sumbar bersama Bapak Gusmal, tentu warga Luak Limopuluah merasa bangga, karena kali pertama putra Luak Limopuluah memimpin Sumbar,” pungkas Bambang Nasrul (ds)