H. Darius Wafat, Kankemenag Kota Payakumbuh Berduka

oleh -490 views

Payakumbuh,Dekadepos.com

Inna lillahi wa inna ilaihi rajiuun. Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh, H. Darius S.Ag. MM sekira pukul 18.30, pada Kamis (27/12/2018), meninggal dunia, setelah sebelumnya sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi selama 2 hari ini.

Selain Duka mendalam bagi keluarga dan ahli waris, duka mendalam juga selimuti keluarga besar Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dan Pemko Payakumbuh.

Bagaimana tidak, H Darius yang dikenal supel dan gampang bergaul dengan siapa saja, baik secara kedinasan maupun interaksi sosial di masyarakat. Tidak ada yang tidak kenal dengan beliau, di Payakumbuh dan Kab. 50 Kota. Seorang khatib, dai dan mantan guru serta tokoh masyarakat yang aktif, termasuk dalam keorganisasian islam di jajaran Pemko Payakumbuh.

Diakhir usianya 44 tahun, almarhum Darius sekarang aktif menjabat Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kota Payakumbuh. Setelah beberapa jabatan penting pernah dijabat mantan guru ponpes ini. Jenjang karir Darius sangat baik, dengan prestasinya sebagai Kepala Kua Teladan tk. Provinsi Sumatera Barat, Darius yang ber-NIP 197410061999031003 dipercayai Menteri Agama menjadi TPHI. Prestasi itu berlanjut, Menteri Agama kembali mempercayai Darius menjadi pembimbing kloter sebanyak 2 setelah itu.

Almarhum dikenal banyak jemaah haji dan jemaah wirid pengajian islam, hingga jajaran OPD di Pemko Payakumbuh, Polres Kota Payakumbuh, Kodim 0306/50 Kota dan Batalyon 131 BS. Pengajiannya disukai semua lini, apalagi saat membimbing calon jemaah haji.

Darius mengawali karirnya sebagai guru di Ponpes Prof. Hamka di Pariaman, pindah tugas sebagai staf di Kua jajaran Kandepag Kota Payakumbuh hingga menjadi Kepala Kua di Kecamatan Payakumbuh Barat. Darius sempat menjabat Kasubbag TU Kankemenag Kota Payakumbuh hingga di rotasi ke Kasi Bimas Islam dan terakhir menjabat Kasi Penmad.

Diakhir hayatnya, almarhum Darius meninggalkan 1 orang istri (Ida) dan 3 orang anak yang begitu dekat dengan almarhum.

Ungkapan belasungkawa datang dari berbagai unsur, mulai dari Kakanwil Kemenag Sumbar dan jajaran, keluarga besar Kankemenag Kota Payakumbuh, jajaran Pemko Payakumbuh, jemaah pasca haji, pensiunan ormas islam dan rekan sejawat secara Nasional.

“Mewakili Pemko Payakumbuh kami turut berduka cita atas wafatnya buya Darius. Kami segera ke rumah duka sebagai perwakilan,”ucap Kabid Humas Pemko Payakumbuh Irwan Suwandi melalui seluler.

Saat ini jenazah disemayamkan di rumah duka Jalan Prof Hamka Tarok Kelurahan Tigo Koto Diateh. Pemakaman direncanakan besok pagi. (edw)