Harimau Masuk Kampung di Kabupaten Solok

oleh

Kabupaten Solok, dekadepos.com

Seekor Harimau kembali masuk kampung di Jorong Rawang Gadang dan Jorong Lurah Inggu Nagari Simpang Tanjung Nan Ampek, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Rabu (2/12), sekira pukul 10.20 Wib.

Sebelumnya pada awal bulan Juni 2020 lalu, tiga ekor harimau juga masuk kampung dan membuat resah masyarakat petani di Nagari Gantung Ciri, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, meski akhirnya dua dari tiga ekor harimau tersebut berhasil ditangkap Minggu 28 Juni 2020, sekitar pukul 08.30 WIB.

Sesuai informasi yang diperoleh dari Kepala jorong Rawang Gadang, Syamsuir dan sahabatnya Zainal, masyarakat dan pihaknya melihat satu ekor Harimau di pinggir jalan Baru Danau Kembar menuju arah Pesisir Selatan pada hari selasa tgl 02 desember 2020 sekira pukul 10.15 Wib dan melaporkan kajadian tersebut ke Kantor Kapolsek Danau Kembar dan Walinagari.

“Harimau tersebut tampak duduk santai sambil memandang ke arah jalan. Mungkin dia kelaparan,” papar Zainal.
Malam harinya bertempat di Jorong Lurah Inggu, Warga setempat Syukur dan Bapak Tap, juga melihat satu ekor harimau pada hari senin 01 Desember 2020 sekira pukul 23.00 wib dan harimau tersebut memakan satu ekor itik dan satu ekor anjing peliharaan warga.

Kemudian pada Selasa siang, pihak Kapolsek dan Camat Danau Kembar bersama masyarakat, mendatangi lokasi dan menemukan jejak harimau.
Selanjutnya polisi dan masyarakat menghubungi pihak Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Konservasi Wilayah (RKW) Solok.

“Kita meminta masyakat yang berdomisili di sekitar lokasi Jorong Rawang Gadang dan Jorong Lurah Inggu Nagari Simpang Tanjung Nan Ampek dan Nagari perbatasan Air Batumbuk agar tetap waspada,” harap Kapolsek Danau Kembar, Iptu Sainol Saprianto, SH, dan Camat Danau Kembar, Eka Saputra, S. Pd, Rabu (3/12).

Pihak aparat nagari dan Kecamatan mendatangi lokasi bersama Bhabinkamtibmas Simpang Tanjuang Nan IV, Brigadir Dwi Hendra dan Kanit Provos Bripka Hari Naldi. K di bantu oleh masyarakat sekitar.

Salah seorang anggota BKSDA Sumbar Resort Solok, Gusman Effendi, saat dihubungi media ini mengaku sedang berada di Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan, karena disana juga ada harimau masuk kampung.

“Kita baru sampai di Solok Selatan. Mungkin yang ke Danau Kembar langsung dipimpin oleh Kepala Resort BKSDA Solok, Bapak Afrilus,” sebut Gusman Effendi (jarbat)