Heldo Aura: Tahapan Pilkada Dimulai Tanggal 15 Juni 2020

oleh -165 views
Ketua KPU Kota Bukittinggi, Heldo Aura

Bukittinggi, dekadepos.com

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020 tetap dilanjutkan pada Desember 2020 mendatang. Tetap dilanjutkannya Pilkada Serentak tahun 2020 itu atas Kesepakatan Pemerintah bersama DPR-RI, KPU-RI, Bawaslu-RI dan DKPP-RI.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kota Bukittinggi, Heldo Aura kepada Dekadepos di ruang kerjanya, Kamis (4/6).           

Dikatakan, kesepakatan bersama itu tercipta dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Pemerintah dalam hal ini Mendagri dengan Komisi II DPR-RI,KPU-RI, Bawaslu-RI dan DKPP-RI pada Rabu (27/5).           

Sesuai informasi yang disampaikan kepada KPU Kota Bukittinggi, Dalam kesepakatan itu ditetapkan Pilkada Serentak tahun 2020 tetap dilaksanakan tahun ini dan akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020, dan Pelaksanaan tahapan Pilkada sampai saat pencoblosan tanggal 9 Desember 2020 dilaksanakan sesuai Protokol Pencegahan Covid-19, ujar Heldo Aura.           

Kemudian, untuk tahapan Pilkada itu sendiri atas kesepakatan bersama itu disepakati dimulai tanggal 15 Juni 2020 ini, kata Heldo.           

Menurut Ketua KPU Kota Bukittinggi, Heldo Aura, Keputusan Bersama itu sesuai dengan Perpu Nomor 2 tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Undang Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Perpu Nomor 1 tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang Undang.           

Saat ini, KPU-RI juga sedang mempersiapkan Peraturan KPU tentang Pemilihan Kepala Daerah dalam Kondisi Bencana Non Alam seperti Wabah Covid-19 ini. Artinya, kita dari KPU Kota Bukittinggi juga sedang menunggu Peraturan KPU itu untuk acuan melaksanakan tahapan Pilkada Serentak 2020 yang akan dilaksanakan secara Protokol Pencegahan  Covid-19.tambah Heldo Aura.( Edis )