,

Hilangkan Jejak, Kakak Beradik Pencuri Motor di Payakumbuh Jual Hasil Kejahatan di 2 Propinsi

oleh -3.306 views
Kedua tersangka saat digelandang ke Mapolres Payakumbuh (dekadepos)

Payakumbuh, dekadepos.com

Setelah sekian lama jadi incaran pihak kepolisian Resort Kota Payakumbuh, akhirnya dua tersangka tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang telah berkali-kali beraksi di Kota Payakumbuh berhasil ditangkap tim Satreskrim Polres Payakumbuh, Selasa (06/7/ 2021) sekira pukul 13.30 WIB di Kota Pekanbaru, Riau, dengan cara dilumpuhkan dengan timah panas, karena saat akan ditangkap kedua tersangka berusaha kabur.

Setelah melakukan aksi pencurian sepeda Motor di Beberapa Lokasi di Kota Payakumbuh itu, Kedua tersangka mencoba menghilangkan barang bukti dengan menjual hasil kejahatan di Dua Propinsi. Yakni, Propinsi Sumatera Barat, dan Propinsi Riau.

Kapolres Payakumbuh, AKBP. Alex Prawira didampingi Kasat Reskrim AKP. Akno Pilindo, KBO. Satreskrim, IPTU. Eridal, Kanit 1 Resum, IPDA. Aiga Putra dan Kanit 2 Pidsus, IPDA. Doni Putra, dalam jumpa pers di Mapolres setempat, Senin sore (12/7/2021) mengatakan, kedua tersangka curanmor yang berhasil ditangkap itu adalah kakak beradik masing-masing bernama Richad Iswanto panggilan Ewa (23 tahun) Rangga Iswanto panggilan Angga (19 tahun) beralamat di Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tanayan, Kota Pekanbaru, Riau.

Diungkapkan Kapolres, ke dua tersangka pada hari Selasa 15 Juni 2021 sekira pukul 10.30 WIB bertempat di halaman sebuah rumah di Kelurahan Parik Rantang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, berhasil mencuri satu unit sepeda motor merk Honda Beat Nomor Polisi BA 4077 LU dengan mempergunakan kunci leter T.

Berdasarlan Laporan Polisi Nomor : LP/B/177/VI/2021/SPKT/ Polres Payakumbuh/Polda Sumbar, tanggal 15 Juni 2021, tentang tindak pidana pencurian kendaraan bermotor, Tim Satreskrim Polres Payakumbuh terdiri dari Ipda Aiga Putra, Bripka Boby Sinai, Bripka J.R Siregar, Bripka Resah Bima, Briptu Abri Yudha A, Bripda Tedi Kris Effendi, Bripda Andry Mainurrahman, Bripda Immanuel Sihombing, Bripda Rambang Kilauae dan Bripda Puji Syuhada diturunkan untuk memburu kedua tersangka.

“ Setelah dilakukan penyelidikan, tim Opsnal Reskrim Polres Payakumbuh mendapat informasi bahwasa sepeda motor tersebut dibeli oleh Beni Saptra (22 tahun) warga Jorong Manganti, Kenagarian Jopang Manganti, Kecamatan Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota,” beber Kapolres AKBP. Alex Prawira.

Pada hari Senin (5/7/2021), tim Opsnal Sat Reskrim Polres Payakumbuh sekira pukul 03.00 mengamankan Beni Saputra beserta barang bukti 1 unit sepeda motor merk Honda Beat warna merah putih dengan No Pol BA 4077 LU.

Dari keterangan Beni Saputra diperoleh informasi bahwa sepeda motor tersebut dibeli dari seorang laki-laki bernama Richad Iswanto panggilan Ewa berdomisili di Kota Pekanbaru, Riau.

Berdasarkan informasi tersebut pada hari Senin (5/7/2021) tim Opsnal Sat Reskrim Polres Payakumbuh memburu tersangka ke Kota Pekanbaru, Riau.

Setelah berkoordinasi dengan Polsek setempat, Selasa (6/7/2021) sekira pukul 13.30 Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Payakumbuh berhasil mengendus keberadaan Richad Iswanto panggilan Ewa yang saat itu bersama adiknya Rangga Iswanto panggilan Angga sedang mengendarai sepeda motor hasil pencurian yang di lakukan tersangka di wilayah hukum Polres Payakumbuh.

Tanpa membuang waktu, Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Payakumbuh langsung melakukan penangkapan terhadap kedua tersangka Richad Iswanto panggilan Ewa (23 tahun) Rangga Iswanto panggilan Angga.

Saat akan ditangkap, kedua tersangka berusaha kabur, sehingga anggota tim opsnal Satreskrim Polres Payakumbuh terpaksa melumpuhkan kedua tersangka.

Setelah kedua tersangka tidak berkutik, Tim Opsnal Satreskrim Polres Payakumbuh mengamankan tersangka ke Polsek terdekat guna di introgasi lebih lanjut.

Pada saat diintrogasi tersangka kedua tersangka menerangkan bahwa benar telah melakukan tindak pidana pencurian di sembilan TKP di wilayah hukum Polres Payakumbuh. Menurut pengakuannya telah beraksi di 9 TKP di Payakumbuh dan 4 TKP di Kota Pekanbaru, Riau.

Setiap kali berhasil melakukan pencurian kendaraan bermotor, kendaraan hasil kejahatan tersebut di bawa ke Kota Pekanbaru untuk menghilangkan jejak serta kendaraan tersebut akan di jual kepada seseorang di Kota Pekanbaru, Propinsi Riau.

Setelah kedua tersangka diboyong ke Mapolres Payakumbuh menjalani pemeriksaan, dilakukan pengembangan untuk mencari keberadaan barang bukti berupa sepeda motor hasil pencurian yang dilakukan tersangka di wilayah hukum Polres Payakumbuh.

Dari hasil pengembangan Tim Opsnal Satreskrim Polres Payakumubh berhasil tiga unit sepeda motor di Kota Pekanbaru. Berdasarkan keterangan tersangka, beberapa sepeda motor hasil kejahatan tersangka berada di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Disini, diamankan kembali 2 Unit sepeda motor merk Honda Beat.

Sampai saat ini, ujar Kapolres AKBP. Alex Prawira, dari tangan kedua tersangka berhasil diamankan barang bukti satu unit sepeda motor merk Honda Beat warna hitam, satu unit sepeda motor merk Honda Beat warna putih-biru, satu unit sepeda motor merk Yamaha N-Max warna merah, dan dua unit Honda Beat hasil curian.

Sedangkan berapa unit sepeda motor hasil kejahatan lainnya masih dilakukan pencarian.

“ Kedua tersangka adalah adalah pemain lama yang sudah puluhan kali beraksi di Payakumbuh dan Kota Pekanbaru Riau. Sedangkan tersangka Richad Iswanto panggilan Ewa adalah resedivis kasus yang kasus curanmor,” pingkas Richad Iswanto panggilan Ewa. (edw)

BACA JUGA: Ditembak! Kakak Beradik Pencuri Motor di Payakumbuh Ditangkap di Pekanbaru

No More Posts Available.

No more pages to load.