Honda Clarity PHEV Dijual Rp 766 Juta

oleh -527 views

TOKYO,dekadepos.com–

Honda Clarity bertenaga listrik dengan teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) mulai dipasarkan di Jepang pada akhir pekan lalu dengan harga sekitar Rp 766 juta. Clarity PHEV menemani Clarity Fuel Cell Vehicle (FCV/berbahan bakar hidrogen) yang sudah lebih dulu dijual beberapa tahun sebelumnya.

Clarity PHEV, seperti diumumkan Honda melalui keterangan resmi yang diterima Mobil123.com, telah tersedia di dealer-dealer Jepang per 20 Juli. Banderolnya mencapai 5.880.600 yen atau setara Rp 766,85 juta. Dan Honda Jepang memasang target penjualan 1.000 unit setahun.

Sistem penggeraknya sendiri menggabungkan mesin bensin 1.5-liter Atinson-cycle DOHC i-VTEC dengan teknologi i-MMD Plug-in. Kolaborasi ini mampu menghasilkan daya sekitar 181,5 hp dan torsi 315 Nm. Pabrikan asal ‘Negeri Sakura’ ini mengklaim efisiensi thermalnya mencapai 40,5 persen yang tertinggi di kelasnya.

Sedan kelas atas berkapasitas lima penumpang yang berkabin dan berbagasi lapang tersebut mempunyai tiga mode berkendara yaitu EV Drive, Hybrid Drive, atau Engine Drive. Honda mengklaim jarak tempuhnya ketika hanya menggunakan sistem penggerak listrik (EV Drive) mampu mencapai 114,6 km dalam kondisi baterai terisi penuh.

Clarity PHEV memiliki sistem pedal yang memungkinkan pengemudinya mengetahui batas kecepatan maksimal saat menggunakan EV Drive. Saat pengemudi menekan pedal gas hingga batas kecepatan tertentu, akan muncul reaksi “klik” pada pedal yang serupa dengan saat menyalakan switch button. Reaksi ini memberitahukan pada pengemudi bahwa mobil telah mencapai kecepatan maksimalnya dalam EV Drive.

Untuk pengisian daya, Clarity PHEV menyediakan dua soket yaitu soket untuk pengisian listrik secara normal dan soket untuk pengisian listrik secara cepat (fast-charging) dengan kemampuan pengisian 80 persen dalam 30 menit. Saat melakukan fast-charging, Honda Clarity PHEV dapat tetap dinyalakan dengan kondisi pendingin udara, sistem audio dan pemanas kursi yang juga menyala sehingga penumpang tetap nyaman di dalam kendaraan saat melakukan pengisian daya. Selain itu, mobil juga dapat menyalurkan tenaga listrik ke perangkat lainnya yang kompatibel.

Honda Remote App

Clarity PHEV telah dilengkapi pula dengan Honda Remote App. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengetahui beragam informasi, mulai dari kapasitas baterai yang tersisa, sisa jarak yang dapat ditempuh dan temperatur kabin melalui perangkat smartphone.

Aplikasi ini pun memungkinkan pengguna mengatur timer saat melakukan pengisian daya, membuka-tutup soket, mematikan atau menyalakan pendingin udara, hingga timer untuk menyalakan AC sesuai waktu tempuh tersisa. Kegunaan lain, pengguna dapat menerima notifikasi saat kendaraan ditinggalkan dalam keadaan tidak terkunci atau pintu terbuka, sampai membantu menemukan lokasi mobil di tempat parkir.

Berbicara teknologi keselamatan, Clarity PHEV dibekali Honda SENSINGTM. Teknologinya meliputi Collision Mitigation Braking System (CMBS), Pedestrian Collision Mitigation Steering System, False Start Prevention, Road Depature Mitigation System (RDM), Traffic Sign Recognition, Lane Keeping Assist System (LKAS) serta Lead Car Departure Notification System dan Adaptive Cruise Control (ACC).

Fasilitas
Sejalan dengan dimulainya penjualan Honda Clarity PHEV, Honda telah mendirikan fasilitas pengisian daya di dealer-dealer Honda Jepang. Selain itu, Honda juga menawarkan layanan Honda Charging Service dengan menyediakan 20.800 charger yang berada dalam jaringan listrik PT Nippon Charge Service (NCS) untuk konsumen mereka.

Untuk memudahkan pengendara mencari tempat pengisian daya, mobil ini telah dilengkapi fitur Honda InterNavi yang membantu mengarahkan pengendara ke lokasi pengisian daya terdekat. Pada tahun 2030 mendatang, Honda menargetkan dua pertiga dari penjualan globalnya berasal dari mobil listrik. (mbl)

 

Sumber: Mobil123.com