INDRA NAZWAR: PENGABDIAN BELUM BERHENTI

oleh

PAYAKUMBUH, (dekadepos.com)

Indra Nazwar, adalah satu dari mantan birokrat yang pantas mendapat dukungan masyarakat, utamanya warga Kelurahan Parit Rantang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.

Betapa tidak, meski sudah berhasil menuntaskan tugas dan pengabdiannya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), namun sebagai warga Kota Payakumbuh, dia merasa inilah saatnya memulai pengabdian baru untuk kemajuan daerah dan masyarakat Kota Payakumbuh.

Berbekal pengalaman dan pengetahuan sebagai birokrat senior dengan sejumlah jabatan eselon II yang pernah dijabatnya dan mengakhiri karir sebagai Kepala Badan Kesbangpol di Pemkab Limapuluh Kota, Indra Nazwar merasa masih punya cukup energi dan kemampuan untuk melangkah ke bidang pengabdian berikutnya yakni sebagai wakil rakyat di DPRD Kota Payakumbuh.

“ Dengan niat untuk menyumbangkan semua potensi yang saja miliki untuk memberikan sesuatu yang baik bagi daerah dan masyarakat Kota Payakumbuh, Saya mengajukan diri sebagai bakal calon anggota DPRD Kota Payakumbuh melalui Partai Amanat Nasional (PAN) untuk daerah pemilihan Kecamatan Payakumbuh Barat,” ungkap Indra Nazwar.

Lantas, siapa Indra Nazwar? Dan, seberapa penting sosok pensiunan PNS yang masih terlihat inerjik ini untuk dikenal dan diperjuangkan?

Tak Kenal, Maka tak Sayang

Mengawali karir sebagai PNS dari level bawah dengan pangkat golongan Vb dengan jabatan sebagai staf di Kaur Pemerintahan Kecamatan Bukit Sundi, pada tahun 1989 lalu Indra Nazrwar mulai mengabdi di lingkungan pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota dengan jabatan Kaur Pemerintahan di Kecamatan Luhak. Namun tak berselang lama, dia dipercaya menjabat Plt. Camat Luhak untuk selanjutnya tugas belajar ke Fia Unibraw.

Usai tugas belajar, Indra Nazwar, dikembalikan ke daerah untuk kemudian dipercaya menjabat sebagai Plt. Kasubag PDPT dan KKY di Pemerintahan Desa Pemkab Limapuluh Kota untuk selanjutnya dipercaya menjabat Sekretaris Camat  Payakumbuh.

Beberapa tahun berselang, Indra Nazwar, dipercaya menjabat  Kasi di kantor Diparda untuk kemudian dilantik menjabat Camat Harau. Pernah menjabat Pkt Walinagari Harau dan untuk kemudian dipercaya menjabat Kabag Tata Usaha Dinas Perhubungan.

Sebagai pegawai yang berdedikasi tinggi, disiplin, loyal dan pekerja keras, karir Indra Nazwar terus menanjak, sehingga dia dipercaya menjabat Kepala Satuan Pol PP dan untuk kemudian dilantik menjabat Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Kabupaten Limapuluh Kota.

Beberapa tahun menjabat Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo, Indra Naswar dipercaya oleh Bupati Limapuluh Kota untuk menjabat Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan pensiun sebagai PNS dengan jabatan Kepala Badan Kesbangpol pada tahun 2017 lalu.

Sebagai tokoh birokrat yang sangat berpengalaman, rasanya tidaklah berlebihan apabila masyarakat Kecamatan Payakumbuh Barat, utamanya warga Kelurahan Parit Rantang, memberikan Indra Nazwar amanah untuk menjabat wakil rakyat di DPRD Kota Payakumbuh pada Pileg 2019 mendatang.

Pasalnya, melihat dinamika pembangunan yang  terus berkembang, tentunya sangat dibutuhkan seorang wakil rakyat yang cerdas, mumpuni dan mampu memperjuangkan aspirasi masyarakat ditingkat pemerintahan.

“Meski sudah pensiun sebagai PNS, namun dengan kondisi fisik yang masih prima, saya yakin memiliki kemampuan untuk menjadi wakil rakyat di DPRD Kota Payakumbuh. Saya ingin menyatakan kepada masyarakat bahwa, pengabdian seorang Indra Nazwar tiada henti demi daerah dan masyarakat, ” ujar tokoh yang senang bergaul dan banyak dikenal masyarakat Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota ini mengakhiri. (edw)