Ini Perkembangan Verifikasi Faktual Calon Perseorangan Pilkada Bukittinggi

oleh -504 views
Komisioner KPU Bukittinggi Yasrul memberikan pengarahan terhadap anggota verifikator lapangan di kantor KPU Bukittinggi


Bukittinggi, dekadepos.com

Verifikasi Faktual mendatangi pendukung semua Pasangan calon Walikota/ Wakil Walikota Bukittinggi dari jalur perseorangan telah berakhir. Sebanyak 10.435 dukungan untuk ketiga pasangan Bakal Calon tidak berada ditempat dan tidak sesuai dengan yang tertera di e-KTP.

Kepada masing masing Tim Sukses Pasangan di minta menghadirkan pendukung yang tidak ditemui alamatnya itu ke Sekretariat PPS masing masing Kelurahan pada hari Selasa (7/7).

Komisioner KPU Bukittinggi Yasrul kepada Dekadepos menjelaskan, Batas akhir Verifikasi Faktual mendatangi pendukung semua pasangan calon berakhir, Senin (6/7) . Dalam Verifikasi Faktual dilapangan itu banyak ditemukan alamat pendukung pasangan calon tidak sesuai dengan yang tertera di e-KTP,dan juga banyak yang sudah pindah alamat, yang jumlahnya untuk ketiga pasangan calon Independen itu sebanyak 10.435 dukungan, ungkap Yasrul.

Untuk itu kita dari KPU meminta kepada Tim masing-masing Pasangan calon dapat menghadirkan pendukungnya yang tidak ditemui dialamat itu ke Sekretariat PPS masing masing Kelurahan pada hari Selasa (7/7) untuk di Faktualkan. Dan kita dari KPU telah menyerahkan daftar nama nama pendukung masing masing Calon yang tidak ditemui itu ke masing masing Tim atau LO pasangan calon.

Namun sangat disayangkan, hingga Selasa (7/7) masing masing Tim Pasangan calon tidak banyak bisa menghadirkan pendukungnya ke PPS Kelurahan untuk Difaktualkan. Dan kondisi ini sangat merugikan kepada masing masing pasangan calon, kata Yasrul.


Lebih lanjut dikatakan Komisioner KPU itu, pada hari Rabu (8/7) masuk tahapan pengisian berita acara atau Pengisian BA5-KWK Perseorangan. Tanggal 15 Juli 2020 mendatang akan dilakukan Rekapitulasi Syarat Dukungan ditingkat Kecamatan, ujar Yasrul.

Dikatakannya, Dalam Verifikasi Faktual dilapangan ditemukan Dukungan yang ganda sebanyak 6.365 dukungan. Setelah dilakukan Faktual dilapangan,mereka telah memberikan dukungannya kepada pasangan calon yang diinginkannya. tambah Yasrul.( Edis )