Irfendi Arbi : Jangan Takut, Vaksin Covid-19 Aman

oleh

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengajak masyarakat yang ada didaerahnya untuk tidak takut divaksinasi Covid-19. Apalagi vaksin tersebut telah diuji oleh para ahli, dan juga memiliki label halal sebagaimana fatwa yang telah dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Tak usah cemas divaksinasi Covid-19, karena vaksin Sinovac Covid-19 yang ada di Indonesia saat ini sudah diuji dan halal,” sebut Irfendi usai menerima suntikan vaksin Sinovac dosis pertama di Puskesmas Koto Baru Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, Rabu (3/2/2021).

Sebelumnya, pada hari perdana pencanangan Vaksin Covid 19 yang digelar di kantor bupati Limapuluh Kota kemaren, pemberian vaksin untuk Irfendi Arbi sempat tertunda lantaran ia sedang sakit dan tidak diperbolehkan untuk ikut divaksinasi.

“Alhamdulillah, hari ini saya dapat melakukan vaksin covid 19. Soalnya, pada hari pencanangan kemaren tidak diperbolehkan, karena dalam keadaan sakit,” ujarnya.

Dijelaskan, pemerintah dalam pemberian vaksin covid-19 benar-benar memperhatikan dan mempedulikan kesalamatan penerima vaksin. “Buktinya, waktu pertama saya akan divaksin dinyatakan tidak memenuhi syarat, karena lagi demam. Barulah hari ini lolos dan bisa divaksin. Jadi, tak usah takut, vaksin itu aman,” ajak Irfendi.

Menurut Irfendi pemberian vaksin covid-19 ini, menjadi harapan baru dalam menekan dan memutus mata rantai penyebaran Virus Covid 19. Untuk itu, ia mengajak semua pihak ikut mendukung dalam program ini, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam mencegah penyeberan Covid-19.

“Vaksin jalan, protokol kesehatan jangan sampai lengah, tetap gunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, agar ikhtiar kita bersama memutus perderan covid 19, benar-benar dapat terwujud,” jelas Irfendi.

Ia juga menghimbau agar masyarakat tidak mudah percaya terkait isu-isu negatif tentang vaksin covid 19, apalagi kabar tersebut belum jelas kebenarannya.

“Masyarakat jangan mempercayai hoaks berbagai isu yang beredar setelah divaksin. Percayalah pemerintah memberikan yang terbaik kepada kita dalam memutus peredaran covid-19,”tutupnya.

Selain Irfendi, juga ikut divaksin Kepala Dinas Kesehatan Limapuluh Kota, Tien Soeptino yang sebelumnya pada hari perdana pencanangan juga batal divaksin karena tidak memenuhi syarat, kemudian Asisten bidang Pemerintahan, Deddy Permana, Kabid PPUD Satpol-PP, Bobby Irwanto, Wakapolsek Payakumbuh, serta seluruh tenaga kesehatan di Puskesmas Simalanggang.(edw)