Irfendi Arbi Sedang ‘Laris Manis’, Rasanya Gimana Gitu, Yah.. Gitulah!

oleh -1.732 views

PAYAKUMBUH, dekadepos.com-

Beberapa minggu terakhir, suhu politik di ranah Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota,red) sedang hangat-hangatnya membicarakan sosok bupati incumbent Irfendi Arbi.

Pasalnya, di media sosial bersileweran informasi terkait banyaknya tokoh atau figur bakal calon Bupati yang datang bersilaturahmi dan mendekati petahana Irfendi Arbi.

Meski pun masalah kedekatan itu adalah hal biasa dan lazim terjadi dalam dunia politik jelang Pilkada. Namun, adanya upaya mendekatkan diri yang dilakukan berapa tokoh seperti halnya dilakukan mantan Bupati Limapuluh Kota dr. Alis Marajo Datuak Sori Marajo, tentu peristiwa ini menjadi hal luar biasa dan menjadi pembicaraan hangat dalam dikalngan elit politik.

Soalnya, semua orang tahu bahwa, sosok dr. Alis Marajo Datuak Sori Marajo yang dijuluki ‘dokter’ politik itu, dikenal sebagai dedengkot Partai Golongan Karya, yang sampai saat ini omongannya masih didengar oleh kalangan elit politik partai berlambang pohon beringin besar itu, baik di daerah propinsi bahkan di pusat.

Apakah kedatangan dr. Alis Marajo Datuak Sori Marajo ke rumah dinas Bupati mejambangi Irfendi Arbi sekadar hubungan silaturahmi biasa?

Namun, ada pula yang berpendapat, diduga kuat kedatangan dr. Alis Marajo Datuak Sori Marajo menemui Irfendi Arbi,  serius membicarakan koalisi Partai Golkar dengan PDI-P untuk mematangkan rencana memasangkan Irfendi Arbi dengan Syafaruddin Datuak Bandaro Rajo.

Terlepas apakah yang telah dibicarakan ke dua tokoh politik berpengaruh itu memang masalah Irfendi-Datuak Safar. Namun, yang pasti, sebagai calon kuat bupati, posisi sosok Irfendi Arbi memang sedang ‘seksi’, karena saat ini memiliki populeritas paling tinggi di bursa calon bupati.

“Rasanya gimana gitu. Yah.. gitulah! Irfendi Arbi sedang laris manis gitu..” ujar kalangan politikus muda berkomentar.

DIDEKATI RKN

Ketika kalangan elit politik ranah Luak Limopuluah sedang getol membicarakan manuver politik yang dilakukan Irfendi Arbi, pasca bertemu dengan ‘dokter’ politik dr. Alis Marajo Datuak Sori Marajo, tiba-tiba panggung politik ranah Luak Limopuluah dikejutkan pula beredarnya foto Irfendi Arbi-Rizki Kurniawan Naskarin (RKN) sedang salam komando.

Mengomentari kedekatan Irfendi-RKN, pengguna media sosial heboh. Bahkan, ada yang bilang, kedua tokoh pemimpin masa depan itu sedang lobi-lobi politik untuk berpasangan maju sebagai calon bupati dan calon wakil bupati. Benarkah? Entahlah!

Namun yang jelas, politik itu memang dinamis. Artinya, segala kemungkinan bisa saja terjadi. Misalnya, kemungkinan Irfendi Arbi akan berpasangan maju dengan Syarafruddin Datuak Bandaro Rajo, tidak mustahil bisa saja terjadi.

Apalagi, sampai detik ini, Partai Golkar secara resmi belum juga mengumumkan ke khalayak ramai bahwa, Ketua DPD Partai Golkar Limapuluh Kota itu, memang disiapkan untuk calon Bupati Limapuluh Kota.     

Kemudian, kemungkinan petahana Irfendi Arbi akan berpasangan dengan Darman Sahladi, tentu bisa juga terjadi. Soalnya, garis politik koalisi PDI-P dengan Partai Demokrat akan ditentukan oleh petinggi ke dua partai di pusat.

Lantas, komitmen PDI-P dengan PPP dan PAN yang sudah menandatangani surat kesepakatan akan berkoalosi untuk mengusung Irfendi Arbi sebagai calon bupati dan kemungkinan akan memilih Ketua DPC PPP Limapuluh Kota drh. Armen atau Sekretaris DPD PAN Yosrizal Datuak Parmato Alam sebagai bakal calon Wakil Bupati, juga bisa terjadi.

Namun dengan siapakah petahana Irfendi Arbi akan menjatuhkan pilihan? Memang sulit ditebak. Tapi yang pasti, peluang Irfendi-Datuak Safar akan berpasangan, atau kemungkinan Irfendi-Darman Sahladi dan Irfendi-RKN bisa saja terjadi. Kita lihat saja nanti. (ds)