Irfendi Arbi Sumbangkan 4 Buah Tropy untuk Hadiah Pacu Tabang Itiak di Gelanggang Padang Laweh

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Untuk memeriahkan dan mendukung suksesnya acara alek anak nagari Pacu Tabang Itiak yang digelar di Gelanggang Padang Laweh, Jorong Tanjung Haro Selatan, Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padang Panjang, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu dan Minggu 18-19 November 2023, mantan Bupati Kabupaten Limapuluh Kota periode 1016-2021, Ir.H. Irfendi Arbi, MP menyumbangkan empat buah tropy sebagai hadiah.

Menurut calon anggota DPR RI nomor urut 5 Dapil Sumbar 2 Partai NasDem itu, dengan digelarnya alek anak nagari Pacu Tabang Itiak oleh pengurus Persatuan Olahraga Terbang Iitik (PORTI) Gelanggang Padang Laweh, secara tidak langsung masyarakat setempat sudah berkontribusi dan berkomitmen untuk mendukung dilestarikannya seni tradisi anak nagari Pacu Tabang Itiak yang sudah masuk dalam kalender Pariwisata Sumatera Barat itu.

Sebagai masyarakat Luak Limopuluh, ungkap Irfendi Arbi, tentu kita bangga karena sampai saat ini, masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh masih mampu merawat, menjaga dan melestarikan seni tradisi Pacu Tabang Itiak yang sudah menjadi warisan seni budaya bagi daerah itu.

“ Bahkan, karena keunikan seni tradisi Pacu Tabang Itiak ini, Kemendibud Ristek  sudah metetapkan Pacu Tabang Itiak sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB). Agar seni tradisi anak nagari ini tidak hilang tergilas perkembangan zaman, selayaknya seni tradisi yang sangat unik ini terus dilestarikan,” harap Irfendi Arbi. (ds)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *