Jalan Amblas Payakumbuh-Bukittingi, Intai Maut

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Kerusakan Jalan Raya Payakumbuh-Bukittingi di Jorong Koto Baru Nagari Batuhampa Kecamatan Akabiluru Kabupaten Limapuluh Kota hari ke hari makin parah, jalan utama itu kondisinya sangat mengkhawatirkan dan mengancam nyawa pengendara yang melintas sebab dibagian sisi kiri jalan jika dari arah Payakumbuh telah membentuk jurang. Kerusakan jalan (amblas) bahkan telah “memakan” jalan. Namun yang paling mengkhawatirkan adalah kerusakan jalan itu juga telah menyebabkan jalur/rel kereta api yang berada di bagian bawah jalan terjatuh.

Jika kerusakan jalan yang amblas itu tak segera ditangani dengan serius, bakal semakin parah, sebab tanah di lokasi itu labil dan akan semakin tergerus saat hujan turun. Saat ini akibat jalan amblas itu membentuk jurang dengan kedalaman sekitar 30 Meter. Kondisi tersebut telah berlangsung sejak beberapa bulan terakhir dan selalu dikeluhkan warga sekitar maupun pengendara yang melintas.

Makin parahnya jalan Jalan Raya Payakumbuh-Bukittingi tersebut terlihat dengan hancurnya batu Bronjong yang sebelumnya dibuat untuk menahan agar kerusakan jakan tidak semakin parah, namum hal itu tidak banyak membantu, sebab batu beronjng tersebut juga hancur dan jatuh kedalam jurang. Kondisi tersebut dikeluhkan warga bernama Dasril.

” Iya, kondisi jalan rusak seperti ini sudah terjadi sejak 4 bulan terakhir, semula tidak begitu parah dan dilakukan perbaikan dengan memasang batu Bronjong, namun hal itu tidak banyak membantu. Kini jalan utama Payakumbuh-Bukittinggi tersebut makin parah,” ujar Dasril, 5 Februari 2024.

Lebih lauh Dasril menyebutkan bahwa jalan amblas itu berawal dari runtuhnya saluran irigasi/bandar di dekat jalan tersebut, hingga mengakibatkan kondisi jalan utama itu kini parah dan terpaksa harus dilalui secara bergantian jika kendaraan datang dari dua arah secara bersamaan.

” Semula Bandar runtuh di dekat jalan tersebut, hingga mengakibatkan kondisi jalan utama itu kini parah dan terpaksa harus dilalui secara bergantian jika kendaraan datang dari dua arah secara bersamaan,” tambahnya.

Pasca semakin parahnya kerusakan jalan Raya Payakumbuh-Bukittinggi itu, Dasril berharap perbaikan segera dilakukan oleh pihak-pihak terkait, sehingga tidak ada korban jiwa.

” Tentu kami berharap agar perbaikan segera dilakukan oleh pihak terkait terhadap jalan Raya Payakumbuh-Bukittinggi, jangan tunggu jatuh korban dahulu.” Harapnya. (Edw).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *