Kabid Pemasaran Pariwisata : Pemilihan Uda Uni Bukan Kontes Model

oleh -344 views
Foto : Klikpositif.com

Payakumbuh, Dekadepos.com

Kepala Dinas Pariwisata Pemudan dan Olahraga Kota Payakumbuh Elfriza “Cece” Zaharman melalui Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Haidatul “Ul” Rahmat mengatakan bahwa pemilihan Uda Uni yang rutin digelar tidak sama dengan kontes model yang menjadikan fisik seseorang sebagai tolak ukur utama. Hal tersebut ia ungkapkan kepada wartawan Selasa 25 September 2018.

“Karena selama ini ada persepsi yang kurang benar di tengah-tengah masyarakat yang menyebutkan pemilihan Uda Uni ini adalah kontes model, padahal itu merupakan dua hal yang berbeda,” sebutnya.

Ia juga menambahkan, dalam pemilihan Uda Uni, pertimbangan fisik tidaklah dijadikan sebagai aspek utama dan satu-satunya. Menurutnya, ada beberapa variabel lain yang menjadi pertimbangan dewan juri sebelum menetapkan Uda Uni 2018. “Yang Uda Uni harus menguasai seluruh bidang kepariwisataan. Karena cantik saja belum tentu bisa menjual. Nantinya Uda Uni harus paham adat, budaya, pariwisata, dan juga harus menguasai bahasa asing untuk bisa berkomunikasi dengan dunia luar,” jelasnya.

Dengan kemampuan yang dimiliki tersebut, ia menilai promosi terhadap pariwisata Payakumbuh akan bisa lebih maksimal dilakukan. “Seperti tujuan awal, dilakukannya pemilihan Uda Uni ini adalah sebagai duta wisata. Melalui mereka nanti kita nitip promosi wisata, baik itu melalui berhadapan langsung dengan masyarakat ataupun media sosial,” terangnya. (Edw)