Kader PKK Bukittinggi Ikuti Lomba Cipta Menu

Bukittinggi,Dekadepos.com

Dinas Pertanian dan Pangan yang bekerjasama dengan TP-PKK Bukittinggi, menggelar lomba cipta menu Beragam,Bergizi,Seimbang dan Aman(B2SA) dan pangan lokal untuk para kader PKK kelurahan se kota Bukittinggi.Kegiatan ini di buka secara langsung oleh Wakil Walikota H.Irwandi, di halaman Kantor Badan Keuangan, Senin (10/9).

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Bukittinggi, Melwizardi, menjelaskan, lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dan pengolahan pangan lokal ini, diikuti oleh seluruh kader PKK Kelurahan se kota Bukittinggi. Ke giatan ini bertujuan,untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pen tingnya konsumsi pangan B2SA.

“Dengan lomba ini, kita harapkan masyarakat paham dan dapat berkreativitas dalam menciptakan menu B2SA berbasis daya lokal. Hal ini tentunya nanti akan berdampak kepada kesehatan masyarakat dan juga memberikan dukungan pada pariwisata, melalui pengolahan pangan lokal,” ungkap Melwizardi.

Ketua TP PKK Bukittinggi, Ny. Yessi Endriani Ramlan Nurmatias, menyampai kan, kegiatan ini sangat penting karena setiap tahun dilaksanakan lomba serupa. Kegiatan ini sangat dibutuhkan masyarakat, agar mendapatkan referensi menu un tuk di konsumsi di rumah. Apalagi menu yang diciptakan berasal dari pangan lokal ,seperti pisang dan talas yang tentu saja memiliki nilai gizi yang tinggi.

“Pemerintah sangat peduli kepada kesehatan dan kualitas masyarakatnya. Sebagai mitra kerja pemerintah, PKK harus gerakkan masyarakat untuk mengkon sumsi makanan yang beragam,bergizi,seimbang dan aman (B2SA), apalagi dengan pengolahan pangan lokal.

Artinya, tidak perlu mahal untuk menciptakan menu yang sehat dan bergi zi, namun ciptakan menu yang disenangi keluarga yang sehat dan sesuai prinsip B2SA,” ungkap Yessi Endriani Ramlan Nurmatias.

Sementara itu,Wakil Walikota Bukittinggi,H.Irwandi, mengungkapkan,rasa kebanggannya terhadap masyarakat Bukittinggi, khususnya para kader PKK yang terus berupaya untuk memasyarakatkan konsumsi pangan  dengan status gizi yang baik. Dengan lomba ini, tentunya akan lebih banyak tercipta menu makanan yang sehat, bergizi, berkualitas, sehat, aman dan halal.

“Salah satu faktor penting yang mempengaruhi terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas adalah konsumsi pangan. Konsumsi pangan berkualitas, ditunjukkan dengan keragaman jenis pangan dan keseimbangan gizi dalam pola konsumsi pangan sehari-hari, agar masyarakat dapat hidup sehat, aktif dan produktif secara berkelanjutan,” jelas Irwandi.

Wakil Walikota Irwandi berpesan, lomba cipta menu B2SA dan pangan lokal ini, substansinya bukan hanya perlombaan saja, namun utamanya, bagaimana me nu ini dapat diimplemetasikan di tengah masyarakat, untuk menciptakan SDM ber kualitas.

Seusai Pembukaan lomba oleh Wakil Walikota,siangnya Walikota H.Ramlan Nurmatias,didampingi Wakil Walikota H.Irwandi,Sekda H.Yuen Karnova,Kadis Per tanian,Melwizardi,Tim Juri,dan beberapa Pimpinan SOPD serta ibuk ibuk PKK makan bersama dsi Aula Kantor Badan Keuangan dengan menu B2SA yang diperlombakan. (Eds )

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *