Kampung Tangguh Kelurahan Payobasung Menjadi Contoh Menuju Tatanan New Normal 

oleh -87 views

PAYAKUMBUH, dekadepos.com-

Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19 dan menuju New Normal, Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Payakumbuh Timur, telah membentuk kampung tangguh di Kelurahan Payobasung.

Menurut Camat Payakumbuh Timur, Irwan Suwandi kepada tim media Gugus Tugas Covid-19 Kota Payakumbuh mengatakan bahwa, kampung tangguh yang dibentuk di Kelurahan Payobasung menjadi contoh menuju tananan new normal karena memiliki rumah isolasi mandiri.

“Keunggulan kampung tangguh Kelurahan Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur adalah punya rumah isolasi mandiri yang siap pakai dan lengkap fasilitasnya,” ujar Irwan Suwandi.

Menurut Irwan Suwandi, rumah isolasi mandiri yang didirikan di kampung tangguh Kelurahan Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur itu, murni swadaya masyarakat.

“Rumah isolasi mandiri tersebut milik Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Payobasung, Ir. Herry Esjaren, yang bermurah hati menyerahkan rumah miliknya dijadikan rumah isolasi mandiri,” papar Irwan Suwandi.

Diakui Irwan Suwandi, bahwa kelebihan lain dari kampung tanggung Kelurahan Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur selain memiliki rumah isolasi mandiri juga memiliki lahan pangan yang sudah lama diberdayakan masyarakat.

Irwan Suwandi juga membeberkan bahwa, sesuai dengan arahan Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan mendapat dukungan serta dorongan dari Kapolres Payakumbuh, AKBP Dony Setiawan, camat diminta agar mampu lebih banyak membentuk kampung-kampung tangguh di wilayahnya.

Diungkapkan Irwan Suwandi, kampung tangguh adalah bukti nyata dari kemandirian warga dalam usaha pencegahan dan penanganan Covid-19. Warga dengan semangat gotong royong, ikut berperan serta dalam membantu warga yang terpapar Covid-19.

“ Malahan, di kampung tangguh kelurahan Payobasung, kecamatan Payakumbuh Timur, telah disiapkan tempat isolasi mandiri yang kebutuhannya ditanggung sendiri warga setempat,” ulas Irwan Suwandi.

Hal positif  atas terbentuknya kampung tangguh di Kelurahan Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur, peranannya tidak hanya sebatas pencegahan Covid-19. Namun lebih jauh dari itu, Lurah bersama warga di kampung tangguh Kelurahan Payobasung, juga membangun hal-hal yang positif, misalnya, mengajak warga membangun gerakan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Setiap KK di halaman rumahnya mampu bercocok tanam, meski dengan polybag. Atau membuat kolam ikan dari terpal.

“ Dampak dari kegiatan KRPL, dalam situasi terpapar Covid-19, masyarakat tidak perlu cemas, berakibat kepada ekonomi. Karena, ketersediaan pangannya sudah tersedia, lewat hasil kegiatan KRPL. Sekurang-kurangnya, warga punya sayur dan cabe di halaman rumahnya,” jelas Irwan Suwandi.

Yang pasti, pungkas Irwan Suwandi, kehidupan masyarakat di kampung tangguh, terpelihara semangat saling membantu, sharing informasi dalam berbagai hal dan mampu meningkatkan kepedulian menjaga kamtibmas di kelurahan setempat. (doddy sastra)