Kapolres Solok Berjanji Akan Tindak Anggota Polisi Nakal

oleh -163 views

SOLOK, Dekadepos.com

Kapolres Solok, AKBP Azhar Nugroho, S.H, S.I.K, M.Si, berjanji akan menindak tegas anggota Polres Solok yang nakal seperti terlibat narkotika, illegal logging hingga indisipliner.

“Kita akan bertindak tegas kepada anggota yang nakal dan tidak mematuhi aturan yang ada. Namun sebaliknya kita juga akan memberi penghargaan kepada anggota kita yang berprestasi,” sebut Kapolres Solok, AKBP Azhar Nugroho, saat berbincang dengan awak media, kemaren.

Tindakan tegas tersebut bagi anggota yang nakal bisa berupa (dipecat) atau Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) atau dihukum sesuai kesalahan yang dilakukan.Sanksi tegas itu diamnbil dan seklaigus membuktikan bahwa Polri tidak segan-segan bertindak  personel jika melakukan pelanggaran hukum.

“Ada yang melakukan tindak pidana seperti illegal logging, illegal mining, narkoba dan masalah keluarga hingga bersangkutan tidak pernah hadir ke kantor dan harus ditindak tegas. Kami publikasi perkara ini tidak lain adalah bentuk transparansi jajaran Polres Solok kepada masyarakat,” ujar  AKBP Azhar Nugroho.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa proses PTDH berawal dari laporan masyarakat dan ditindak lanjuti dalam internal kepolisian, hingga diterima bagian propam. Selanjutnya dilakukan pendalaman dan dipilah, apakah pidana atau pelanggaran.

“Jika pidana akan dikenakan sesuai aturan hukum berlaku, jika pelanggaran juga akan disanksi sesuai aturan kepolisian,” ucap AKBP Azhar Nugroho.

Kapolres yang murah senyum ini juga menegaskan apa yang sudah dilakukan ini agar menjadi rambu-rambu bagi anggota agar tidak melakukan pelanggaran disiplin, berkecimpung tindak pidana narkotika serta pidana umum. Namun dalam hal lain juga memberikan reward sesuai bidangnya.

“Jadi tidak hanya sanksi tetapi juga kepolisian memberikan kesimbangan buat personel kita, apabila dia melakukan prestasi tentunya akan diberikan reward sesuai dengan bidangnya. Sedangkan apabila melakukan pelanggaran berat, tentunya akan dilakukan PTDH, tentunya juga terus melakukan pembinaan internal terhadap personel,” sebut AKBP Azhar Nugroho.

Kapolres juga meminta masyarakat untuk ikut mengawasi tugas Polri dan bersama-sama menindak kriminal (Jarbat)