Kejari Payakumbuh Tangani 142 Perkara Pidum, Menonjol Perkara Narkoba

oleh -688 views

PAYAKUMBUH, dekadepos.com –

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Payakumbuh, Suwarsono,SH didampingi Kasi Intel, Robby Prasetya,SH, Kasubag BIN, Fitrilina, Kasi Pidum, Adhitya F,SH, Pemeriksa, Rezkenil Jusar,SH, Kasi BB dan BR, Willy Agustian Y, SH serta staf intel, Hadi Saputra,SH dalam pres relis yang digelar di aula kantor Kejaksaan setempat di kawasan Koto Nan IV, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Kamis lalu (22/7/2021) mengungkapkan bahwa, pihaknya selama semester I tahun 2021, telah menanggani perkara tindak pidana umum (pidum) sebanyak 142 perkara.

“ Dari 142 perkara yang telah ditangani tersebut berasal dari dua Polres yakni Polres Payakumbuh dan Polres Limapuluh Kota dan yang menonjol adalah perkara narkoba,” ungkap Kajari Payakumbuh, Suwarsono,SH.  

Lebih jauh diungkapkan Kajari Payakumbuh, Suwarsono, untuk perkara tindak pidana khusus (Pidsus) pihak Kejari Payakumbuh telah menangani perkara pengadaan lahan gambir di kawasan Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota dengan tersangka Akhiyar.

Sementara itu bidang Perdata  dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejaksaan Negeri Payakumbuh telah menanggani 49 SKK, pendapat hukum 2 buah, pendampingan hukum 7 buah, perjanjian kerja sama 5 buah.

Dari Bidang Datun tersebut, ulas Kajari Payakumbuh, Suwarsono, pihak Kejaksaan Negeri Payakumbuh telah berhasil menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp4.881.931.360.

Disamping itu, pemulihan keuangan negara yang bisa diselamatkan Rp13 juta lebih, dan penyelamatan keuangan negara sebanyak Rp 4,8 milliar.

Sementara itu bidang tindak pidana khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Payakumbuh telah menyelamatkan keuangan negara sebanyak Rp800 juta dalam perkara pajak.

Kemudian selama semester I tahun 2021, pihak Kejari Payakumbuh juga telah berhasil menyelesaikan Barang Bukti dengan cara lelang dengan nilai Rp39 juta lebih.

Dalam jumpa wartawan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa Ke 61 tahun 2021 itu, Kajari Payakumbuh Suwarsono memberikan pesan moral kepada Pemkab Limapuluh Kota dan Pemko Payakumbuh untuk mempercepat serapan dana covid-19.

“ Pihak Kejari Payakumbuh mendorong dan meminta agar percepatan pengunaan dana covid yang kelola Pemkab Limapuluh Kota dan Pemko Payakumbuh segera direalisasikan, tentunya pengelolaannya harus sesuai dengan aturan yang ada,” ujar Kajari Payakumbuh, Suwarsono.

Namun demikian, ulas Kajari Payakumbuh, Suwarsono, kepada pejabat Pemkab Limapuluh Kota dan pejabat Pemko Payakumbuh yang terlibat dalam pengelolaan dana covid-19, dihimbau untuk berhati-hati dalam pengelolaannya.

“Jangan takut, Kejari Payakumbuh mendorong percepatan dana covid-19, namun pengelolaannya harus sesuai dengan aturan yang ada dan jangan main-main dalam pengelolaan uang daerah. Sekali lagi, jangan takut dan pihak Kejari Payakumbuh tidak akan mengkriminalisasi dan tidak akan mencari-cari penyalahgunaan dana covid. Namun demikian kami minta pengelolaan dana covid harus sesuai dengan aturan yang ada, “ pungkas Kajari Payakumbuh Suwarsono. (ds/edw)

No More Posts Available.

No more pages to load.