Kelola Lahan Tidur dan Modal Tanpa Bunga, Ini Syaratnya

oleh -1.102 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Muhammad Rahmad, sang pencetus gerakan ekonomi Syari’ah, khususnya bagi masyarakat tani di Kabupaten Limapuluh Kota akhirnya mengungkapkan bagaimana untuk mendapatkan peluang bergabung dengan program “Gerakan Kelola Lahan Tidur dan Pinjaman Modal Tanpa Bunga” yang digagasnya.

Menurut Muhammad Rahmad, tidak sulit bagi mayarakat untuk bergabung dalam program pemberdayaan ekonomi bertajuk “Gerakan Kelola Lahan Tidur dan Pinjaman Modal Tanpa Bunga” yang digagasnya itu.

“Syarat utamanya adalah, mendaftar sebagai anggota MAPPINDO (boleh perorangan atau kelompok tani). Pendaftaran di buka tanggal 1 Juni sampai dengan 30 Juli tahun 2020,” ungkap CEO/Chairman RAMA Group yang bergerak di bidang distributor alat-alat industri, real estate (property), lembaga pendidikan, printing/percetakan dan Tour & Travel itu.

Dibeberkan calon kuat Bupati Limapuluh Kota itu, bagi masyarakat yang ingin ambil bagian dalam program “Gerakan Kelola Lahan Tidur dan Pinjaman Modal Tanpa Bunga itu, langkah awalnya adalah penerimaan aplikasi formulir pendaftaran calon anggota MAPPINDO.

Kemudian, pada tanggal 15 sampai 30 Juli 2020, akan dilakukan proses verifikasi data dan persetujuan anggota MAPPINDO. Dan pada tanggal 1 sampai tanggal 15 Agustus 2020, dilakukan tahapan penyampaian jadwal pelatihan ke anggota.

“Sedangkan tanggal 16 sampai dengan 30 Agustus 2020 masuk pada tahap pelatihan anggota tentang tatacara mengelola pertanian bibit unggul dan tatacara pengelolaan ekonomi Syari’ah,” ujar Muhammad Rahmad.

Diakui Muhammad Rahmad, pada tanggal 1 sampai dengan tanggal 30 September 2020, masuk pada tahap pengajuan lahan yang akan dikelola anggota dan peninjauan lokasi lahan oleh Tim Pertanian MAPPINDO.

“ Pada tanggal 1 Oktober sampai dengan 30 Nopember 2020 sudah masuk pada tahap pengolahan lahan, pembagian bibit, pupuk, bantuan dana operasional kepada anggota,” ulas Muhammad Rahmad.

Langkah akhir dari program ini yakni, Januari sampai dengan Maret 2021 adalah panen raya pertanian dan evaluasi ujicoba.

“ Saya yakin, program Gerakan Kelola Lahan Tidur dan Pinjaman Modal Tanpa Bunga ini akan mampu meningkatkan sektor ekonomi masyarakat tani. Pasalnya, daerah kita sangat subur, kaya akan potensi, memiliki sumber daya manusia yang unggul,” ujarnya Ketua Umum MAPPINDO dan pembina Bank Infag ini optimis. (edw)