Kelompok Tani Bungo Padi Jorong Balai Gadang Ateh Mungo Siap Menangkan MR-AY

oleh -204 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Sudah berpuluh-puluh kelompok tani yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota menyatakan sikap mendukung dan siap memenangkan pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Limapuluh Kota, Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus (MR-AY).

Kali ini kebulatan tekad dan dukungan yang sama muncul dari kelompok tani Bungo Padi, Jorong Balai Gadang Ateh, Nagari Mungo, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota.

Menurut Yuli Wirman, selaku Ketua Kelompok Tani Bungo Padi, Jorong Balai Gadang Ateh, Nagari Mungo, yang sekaligus juga Ketua PAC Partai Gerindra Kecamatan Luak mengatakan bahwa, keberpihakan masyarakat tani kepada pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Limapuluh Kota, Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus (MR-AY), karena dalam Visi dan Misi-nya jelas untuk membangun ekonomi masyarakat tani Kabupaten Limapuluh Kota.

Selama ini program calon Bupati-Wakil Bupati untuk membangkitkan ekonomi kaum tani hanya sebatas janji-janji politik belaka. Tidak jarang setelah terpilih, para kaum tani diabaikan dan bahkan nasib mereka dibiarkan berjalan tanpa bimbingan dan dukungan.

“Sebenarnya, tanpa kehadiran Bupati-Wakil Bupati aktifitas para petani akan tetap berjalan dan akan terus memutar roda kehidupan mereka. Artinya, meski tak dibina, dibimbing dan dicarikan solusi tentang kendala pertanian yang mereka hadapi, para masyarakat tani  tetap berjalan dan bahkan mampu mendidik anak-anak mereka sampai sarjana,” sebut Yuli Wirman.

Namun sebaliknya, jika ada calon Bupati-Wakil Bupati berkomitmen ingin membina, mendukung dan mengarahkan serta mencarikan solusi terhadap kendala yang dihadapi para petani, tentu angin segar bagi  masyarakat tani.

“ Menurut hemat kami, hanya pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus lah yang mempunyai Visi-Misi yang jelas untuk kehidupan kaum tani Limapuluh Kota,” ujar Yuli Wirman.

Buktinya, ulas Yuli Wirman, dengan dicanangkan dan telah dilaksanakannya program-program sektor pertanian melalui program pertanian penanaman bibit jagung unggul yang digagas calon bupati Muhammad Rahmad, melalui program pinjaman modal usaha tanpa bunga bekerjasama dengan lembaga Masyarakat Peduli Petani Indonesia (Mappindo) dan Bank Infaq, kebijakan ini benar-benar merupakan angin segar bagi masyarakat tani Kabupaten Limapuluh Kota.

“ Harus kita akui bahwa, salah satu penyebab terjadinya lahan tidur atau lahan yang kurang efisien pemanfaataannya, adalah karena kekurangberdayaan petani disebabkan mereka tak punya modal atau biaya untuk mengolah lahan. Dengan digagasnya program pinjaman modal usaha tanpa bunga untuk petani bekerjasama dengan lembaga Masyarakat Peduli Petani Indonesia (Mappindo) dan Bank Infaq yang digagas oleh Pak Muhammad Rahmad, diyakini program ini akan menyelamatkan ribuan nasib petani di Limapuluh Kota,” papar Yuli Wirman.

Sebagai pribadi atau mewakili para petani di Limapuluh Kota, tegas Yuli Wirman,  dia mengucapkan terima kasih kepada Muhammad Rahmad yang telah menggagas lahirnya lembaga MAPPINDO dan dan Bank Infaq, karena kehadiran lembaga ini merupakan angin segar bagi masyarakat tani Kabupaten Limapuluh Kota.

” Kesimpulannya, inilah yang menjadi dasar kenapa Kelompok Tani Bungo Padi Jorong Balai Gadang Ateh Mungo mendukung dan siap memenangkan MR-AY, karena program dan keperpihakannya jelas dan nyata untuk masyarakat tani Limapuluh Kota,” pungkas Yuli Wirman. (ds)