Kenali Manfaat Air Rebusan Jahe Bagi Kesahatan

oleh
Jahe (foto: Internet)

Health, dekadepos.com

Sejak dahulu kala, jahe telah digunakan sebagai salah satu pengobatan tradisional. Kenali manfaat air rebusan jahe untuk kesehatan Anda.

Jahe atau Zingiber officinale adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan obat. Jahe mengandung banyak nutrisi termasuk kalium, mangan, tembaga, dan magnesium.

Air jahe adalah salah satu cara yang populer untuk mengonsumsi rempah satu ini. Anda bisa merebus jahe dan air secara bersamaan. Sebagai penambah rasa, Anda bisa memasukkan irisan lemon dan madu secukupnya.

Air jahe kaya akan antioksidan yang berperan penting dalam membantu tubuh melawan paparan radikal bebas. Air jahe juga kaya akan mineral potasium, yang penting untuk kesehatan jantung, otot, tulang, dan metabolisme.

Berikut manfaat air rebusan jahe, mengutip berbagai sumber.

  1. Meredakan mual

Jahe telah digunakan sebagai obat mual dan gangguan pencernaan sejak lama. Penelitian juga menunjukkan bahwa jahe memberikan manfaat untuk pencernaan.

Mengutip WebMD, sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi 1-2 gram jahe dapat membantu mengurangi gejala mual.

  1. Mengurangi peradangan

Banyak hal yang menyebabkan peradangan, termasuk di antaranya reaksi alergi ringan. Studi menemukan, ekstrak jahe dapat membantu mengurangi gejala alergi. Sementara percobaan kecil lainnya menunjukkan bahwa konsumsi jahe dapat membantu mengurangi nyeri otot akibat peradangan setelah berolahraga berat.

  1. Menurunkan tingkat kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke. Beberapa penelitian menunjukkan, menambahkan jahe ke dalam makanan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol total dan trigliserida dalam darah.

  1. Meredakan nyeri haid

Sebuah uji klinis acak yang dipublikasikan dalam Archives of Gynecology and Obstetrics menemukan, jahe membantu mengurangi nyeri kram akibat menstruasi.

Mengutip Good House Keeping, penelitian menunjukkan bahwa jahe lebih efektif dalam menghilangkan rasa sakit daripada plasebo saat dikonsumsi selama 3-4 hari pertama pada siklus menstruasi. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki jahe bekerja dengan cara yang mirip seperti obat anti-inflamasi nonsteroid.

  1. Mencegah diabetes

Mengutip NDTV, konsumsi air rebusan jahe bersama lemon diketahui dapat mengurangi risiko kerusakan ginjal dan menurunkan efek diabetes. Jahe merupakan sumber seng yang kaya, yang berperan besar dalam sekresi insulin.

  1. Menurunkan berat badan

Kadar gula darah yang meningkat dapat menyebabkan makan berlebih. Air jahe membantu mengatur kadar gula darah, yang pada gilirannya mengontrol keinginan untuk makan. Dengan cara demikian, kemampuan tubuh menyerap lemak akan meningkat dan membantu proses penurunan berat badan.

  1. Mencegah Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah gangguan neurodegeneratif yang memengaruhi sistem saraf pusat. Telah dibuktikan secara ilmiah bahwa jahe dapat membantu memperlambat degradasi sel otak. Para peneliti menemukan bahwa antioksidan dan senyawa kuat dalam jahe membantu melawan respons peradangan yang terjadi di otak.(*)

Sumber: CNN Indonesia