Kepala Kesbangpol : Mari Kita Ikuti dan Taati Himbauan Pemerintah

Payakumbuh, Dekadepos.com

Kepala Kantor Kesbangpol Kota Payakumbuh, Budhy D. Permana menghimbau seluruh komponen masyarakat di daerah itu hingga tingkat KAN, RW dan RT untuk mengikuti dan menaati Himbauan Pemerintah selama Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pelaksanaan Ibadah Sholat Idul Fitri tahun 2020, sehingga penyebaran Virus Corona atau Covid-19 dapat diputus dan tidak ada lagi kasus baru Positif didaerah itu.

Selain itu, warga juga diminta untuk berperan aktif menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Menurut Budhy, peran serta warga dinilai sangat penting dalam memutus mata rantai Virus yang banyak mengakibatkan kematian diberbagai Negara itu.

Ia juga menghimbau warga untuk menaati dan mengikuti Maklumat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Payakumbuh dan Surat Edaran (SE) Walikota Payakumbuh terkait Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah tahun 2020. Dalam Maklumat dan Surat Edaran itu, warga diminta untuk tidak melaksanakan Sholat Ied di Lapangan terbuka atau Mesjid dan Mushalla, melainkan dirumah saja sesuai sesuai dengan Fatwa MUI nomor 28 tahun 2020 terkait tata cara pelaksanaanya/pedomannya.

“ Iya, kita himbau seluruh komponen masyarakat di Kota Payakumbuh hingga ke tingkat KAN, RW dan RT untuk mengikuti dan Menaati Pemerintah terkait pelaksanaan Sholat Ied, sehingga mata rantai penyebaran virus corona dapat diputus, dan kita bisa kembali beraktivitas seperti biasanya.” Sebut Budhy saat dihubungi, Kamis 21 Mei 2020.

Selain mengingatkan dan mengajak warga untuk terus menaati PSBB, sejak beberapa hari terkahir, Budhy juga kerap turun ke lapangan memantau pelaksanaan PSBB, terutama beberapa hari jelang liburan idul fitri. Ia menyebut kerap melakukan pemantauan di tempat-tempat keramaian. (Edw).