Kesbangpol Minta Penyelenggara Pemilu Maksimalkan Dana PILKADA Kota Payakumbuh

Payakumbuh, Dekadepos.com

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) sebagai penyelenggara Pemilu serentak tahun 2024 untuk memaksimalkan Dana Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Walikota dan Wakil Walikota yang telah disepakati dan ditandatangani melalui Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NHPD) beberapa waktu lalu, meski jumlah yang disepakati berkurang dari yang diajukan.

Jumlah dana PILKADA Kota Payakumbuh tahun 2024 yang telah disepakati tersebut mencapai 13,8 M untuk KPU dan 5,3 M untuk BAWASLU, sementara sebelumnya KPU mengajukan dana 18 M dan BAWASLU mengajukan 6 M. Jumlah dana PILKADA yang telah disepakati itu menurut KAKAN KESBANGPOL telah melalui pembicaraan antara Pemerintah Daerah dan Penyelenggara PEMILU.

” Iya, NHPD yang telah disepakati dan ditandatangani bersama Pemerintah Daerah dan Penyelenggara Pemilu (KPU dan BAWASLU), Dana PILKADA Kota Payakumbuh untuk KPU mencapai 13,8 M dan BAWASLU 5,3 M. Kita berharap dana tersebut bisa dimaksimalkan meski jumlahnya turun/berkurang dari yang diajukan,” ucap KAKAN KESBANGPOL, Kota Payakumbuh, Dipa Surya Persada, Jumat 1 Desember 2023.

Mantan Sekretaris KPU Kota Payakumbuh itu juga menambahkan, sebelumnya KPU mengajukan dana atau anggaran mencapai 18 M dan BAWASLU 6 m untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Walikota -Wakil Walikota).

” Sebelumnya dana atau anggaran yang diajukan
mencapai 18 M dan BAWASLU 6 M untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Walikota -Wakil Walikota),” tambahnya.

Dengan telah disepakati dan ditandatanganinya Dana Hibah Pelaksanaan PILKADA Kota Payakumbuh, KESBANGPOL berharap nantinya tiap tahapan PILKADA Kota Payakumbuh berjalan dengan baik. Selain itu, masyarakat juga terus diimbau dan diingatkan untuk ikut menyukseskan tahapan Pemilu/PILKADA dengan memberikan atau datang ke TPS untuk melakukan Pencoblosan.

Meski NHPD untuk penyelenggaraan PILKADA telah disepakati dan ditandatangani, namun didalam itu juga terdapat beberapa pasal yang ditambahkan yakni adanya penambahan anggaran jika ada calon Kepala Daerah Perseorangan dan jika ada sengketa dalam skala besar.

” Untuk dua poin ini (ada calon Kepala Daerah Perseorangan dan jika ada sengketa dalam skala besar) akan ditambah anggaran 700 untuk KPU yang disiapkan dan dianggarkan di APBD tahun 2024.” Tutupnya.

Kesbangpol juga terus mengajak masyarakat untuk terus dukung dan sukseskan tiap tahapan Pemilu serentak tahun 2024. (Edw).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *