Ketua BAWASLU Payakumbuh : Kita Komitmen Tegakkan Aturan

oleh

Payakumbuh, Dekadepos.com

Ketua Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kota Payakumbuh, K. Khadafi menyebutkan bahwa pelaksanaan Pengawasan Tahapan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Barat (PILGUB SUMBAR) tahun 2020 yang dilakukan pihaknya bersama seluruh unsur di Payakumbuh berjalan dengan baik, sehingga tidak terdapat kendala yang berarti dalam setiap tahapan Pilgub 2020 itu.

Hal tersebut diungkapkan M. Khadafi saat memberikan sambutan dalam kegiatan Evaluasi Pengawasan Tahapan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar tahun 2020 yang digelar Selasa pagi 23 September 2021 di ruang pertemuan salah satu hotel di kawasan Payakumbuh Timur. Keberhasilan pengawasan Pilkada di Payakumbuh menurut Khadafi bukan saja dilakukan oleh Jajaran BAWASLU hingga ke tingkat TPS namun juga oleh peranan masyarakat dan pihak-pihal terkait lainnya, termasuk untuk melakukan pengawasan terhadap penerapan Protokol Kesehatan disetiap tahapan.

” Kita telah melalui berbagai dinamika dalam pelaksanaan pengawasan setiap tahapan Pilgub Sumbar tahun 2020 lalu, Bawaslu bersama masyarakat dan unsur lainnya telah maksimal melakukan pengawasan, dan hasilnya Pilkada kita berjalan dengan baik.” Ucapnya.

Mantan Ketua KPU Payakumbuh itu juga Menyebutkan, dalam melakukan Pengawasan pihaknya (BAWASLU. Red) tidak pandang bulu dalam menegakkan aturan.

” Hukum penindakan adalah wajib, proses penindakan kita tanpa pandang bulu.” Tutupnya.

Sebelumnya, dalam Pengawasan Tahapan Pilgub Sumbar tahun 2020 lalu, jajaran Bawaslu mengingatkan jajaranya untuk mengetatkan pengawasan, baik untuk mencegah terjadinya pelanggaran maupun menindak pelanggaran. BAWASLU juga mengingatkan masyarakat untuk tidak tergoda dengan politik uang, baik sebagai pemberi maupun penerima. Bahkan wasit Pilkada di Payakumbuh itu juga sempat memangil Walikota Payakumbuh, Riza Falepi untuk dimintai keterangan terkait Viralnya video dugaan dukungan orang nomor satu di Kota BATIAH itu terhadap salah satu Paslon Bupati-Wakil Bupati Limapuluh Kota.

Kegiatan Evaluasi Tahapan Pilkada tersebut juga dihadiri Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz, Dandim 0306/50 Kota, Kapolres Payakumbuh, Kajari serta KPU.

Ketua KPU Payakumbuh, Heidi Mursal saat memberikan sambutan menyebutkan bahwa BAWASLU telah maksimal dalam melakukan pengawasan terhadap setiap tahapan Pilgub yang dilaksanakan oleh KPU Payakumbuh.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz. Menurutnya secara umum Pelaksanaan Pilgub Sumbar di Payakumbuh telah berjalan dengan baik. Meski sebetulnya beberapa pengaduan yang tidak terungkap.

” Secara umum Pilgub Sumbar di daerah kita berjalan dengan baik. Selamat buat KPU dan Bawaslu. Namun terdapat beberapa catatan, yakni adanya beberapa pengaduan yang tidak terungkap.” Ucapnya.

Dalam Kegiatan Evaluasi itu, BAWASLU juga memberikan penghargaan kepada sejumlah pihak yang berperan aktif dalam menyukseskan Pilkada dan ikut melakukan Pengawasan. (Edw)