Ketua DPRD Deni Asra dan Wabup Ferizal Ridwan Bicara Tentang Limapuluh Kota ke Depan

oleh -165 views

PAYAKUMBUH, dekadepos.com-

Untuk kedua kalinya Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Deni Asra berkunjung ke Balai Wartawan Luak Limopuluah. Meski kedatangan Deni Asra didampingi Wakil Bupati Ferizal Ridwan ke markas para jurnalis yang bertugas di Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh itu, tak ada agenda khusus.

Namun, dari diskusi ringan yang berkembang dengan ke dua tokoh muda calon pemimpin masa depan itu, berkembang dialog tentang kondisi Kabupaten Limapuluh Kota yang secara riil jauh tertinggal jika dibandingkan dengan daerah lainnya yang ada di Propinsi Sumatera Barat.

Menurut Deni Asra senada dengan Ferizal Ridwan, dibutuhkan pemikiran, gagasan dan ide dari semua pihak, baik dari pihak Pemerintah Daerah (Pemkab dan DPRD,red) tokoh masyarakat, kalangan intelektual, para perantau serta lintas sektoral yang ada di daerah ini, untuk bersinergi membangun Kabupaten Limapuluh Kota lebih baik.

Diakui ke dua tokoh muda, meskipun Kabupaten Limapuluh Kota tidak memiliki potensi besar untuk mendukung ekonomi daerah. Namun, Kabupaten Limapuluh Kota yang berbatasan langsung dengan Propinsi Riau, memiliki potensi sumberdaya alam, disamping sektor pertanian yang bisa digarap untuk kemajuan ekonomi masyarakat dan daerah.

“Untuk memajukan ekonomi daerah, kita harus berani menggali potensi daerah,” sebut Deni Asra satu pemikiran dengan Ferizal Ridwan.

Deni Asra juga menyebutkan, lebih 60 persen masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota berusaha pada sektor perkebunan dan pertanian. “Seyogianya, untuk percepatan pembangunan ekonomi masyarakat dan daerah, maka sektor ini harus terus dibina dan diberikan perhatian khusus,” ujar Deni Asra berpedapat.

“Kabupaten Limapuluh Kota sangat kaya dengan sumberdaya alam, termasuk di bidang pertanian dan sektor pariwisata, seperti objek wisata Lembah Harau, Kelok Sambilan dan BPTU Padang Mengatas yang betul-betul mempesona. Dan masih banyak lagi potensi wisata yang ada di sejumlah kecamatan yang belum sepenuhnya tergarap. Namun, potensi besar ini belum sepenuhnya tergali. Mendatang, kita butuh keseriusan pemerintah daerah untuk mengali semua potensi besar ini,” harap Deni Asra.

Menurut Deni Asra dan Ferizal Ridwan, Kabupaten Limapuluh Kota tidak saja memiliki potensi sumberdaya alam, sektor pertanian dan sektor pariwisata. Namun juga punya potensi besar sektor pertambangan yang tersebar dibeberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Kedepan, Limapuluh Kota membutuhkan seorang pemimpin yang berani dan punya kemauan untuk menggali potensi yang ada didaerah ini, untuk meningkatkan ekonomi daerah dan mensejahterakan masyarakat.” pungkas Deny Asra dan Ferizal Ridwan. (ds)