KNPI Kabupaten Solok Inginkan Pilkada Badunsanak Terwujud di Solok

SOLOK, dekadepos.com-

Pilkada Badunsanak menjadi take line yang positif untuk menjadi pedoman masyarakat dalam berpolitik agar tidak terjadinya perpecahan walaupun berbeda dalam pandangan ataupun  mendukung kandidat bupati dan wakil bupati yang akan terpilih pada perhelatan pilklada yang akan datang.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua KNPI Kabupaten Solok, Arif Firman Bachtas, S.H, kepada Koran Padang, Kamis (12/3) di Arosuka.

“Kita ingin Pilkada Badunsanak ini tidak sekedar retorika saja, tetapi harus dibuktiin dengan aksi nyata. Sehingga kita tidak ada yang terpecah saat dan sesudah Pilkada,” sebutnya.

Arif yang juga seorang advokat itu, menyebutkan bahwa secara prinsip orang Minangkabau memiliki tuntunan yang bernama masyarakat nan sakato , artinya setiap individu harus menghormati tatanan masyarakat agar terciptanya kerukunan satu dengan yang lain.  “Dalam masyarakat nan sakato, orang Minangkabau harus mematuhi segala aturan, menghormati perbedaan pendapat, dan juga mendahulukan kepentingan umum yang memberikan kebaikan kepada semua orang, prinsip ini sejatinya diaplikasikan pada masyarakat minangkabau,” terang Arif.

Dalam pembukaan UUD 1945 khususnya alinea ke empat, terdapat kalimat, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam satu undang undang dasar Negara Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan Negara republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dan berdasar kepada: ketuhanan yang maha esa, kemanusian yang adil dan beradab, persatuan indonesia, kerakyataan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawarataan perwakilan, serta dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia, perbedaan merupakan keniscayaan yang dikehendaki oleh Allah Swt dimungka bumi ini, Kitab suci Alquraan pun mengakui perbedaan dan menganjurkan manusia menyikapinya dengan bijak, dalam sejarah agama islam sarat dengan warna warni perbedan.

“Islam mengajarkan umatnya agar semua perbedaan yang ada disikapi secara damai, bukan secara konfliktual, yakni dengan membangun kehidupan berlandaskan semangat kebersamaan dan saling menghormati antar sesama, ” tambah Arif.

Hal yang sama juga Sekretaris KNPI  Kabupten Solok, Despa Wandri, bahwa pihaknya sangat yakin mewakili Pemuda Kabupaten Solok hari ini tidak mudah dipecah belahkan dalam kepentingan kepentinagan politik.

“Untuk itu kami juga menghibau kepada para kandidat kepala daerah yang akan bertarung nanti untuk tidak membiarkan hal hal yang mengakibatkan perpecahan serta yang merugikan dan merusak tatanan kehidupan masyarakat dalam mewujudkan Kabupaten Solok yang terbaik, ” ucap Despa Wandri.

Pada prinsipnya sesuatu yang baik itu tidak mesti diawali dengan perpecahan, terkusus kepada timses pasangan calon nantinya juga dapat menjaga kerukunan serta menjadi garis terdepan untuk mengindari perpecahan dalam perhelatan pilkada 2020 – 2025 nanti. Kami Komite Nasional pemuda indonesia Kabupaten Solok (DPD KNPI) siap bekerja sama dengan seluruh stakeholder dalam mengawal dan menjaga Pilkda Badunsanak demi terwujudnya Kabupaten Solok yang lebih baik kedepan.

“Kami Optimis dan percaya adapun tokoh tokoh yang telah mengapung saat ini untuk menjadi Bupati dan wakil bupati nantinya adalah putra putra yang terbaik di kabupaten Solok. Yang dapat membawa Kabupaten Solok kearah yang lebih baik dan merajud perbedaan menjadi sebuah kebersamaan yang kokoh dalam mewujudkan Solok yang terbaik,” tambah Bendahara KNPI Abdel Hanif. (wandy)