Kodim 0306/50 Kota Renovasi 10 Unit Rumah Warga Miskin dan Veteran TNI

oleh -176 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com –

Dalam rangka menyambut sekaligus memaknai Hari Ulang Tahun (HUT) Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan ke 70, jajaran Kodim 0306/50 Kota melakukan kegiatan bakti sosial yakni merenovasi rumah warga miskin dan rumah veteran TNI yang ada di wilayah Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh.

Giat bakti sosial bertajuk “Bakti TNI Bergerak Kodam Peduli” tersebut langsung ditinjau Dandim 0306/50 Kota, Letkol. Kav. Ferry S. Lahe, didampingi sejumlah anggota Intel dan Babinsa Koramil di lokasi pelaksanaan renovasi beberapa rumah veteran dan warga miskin yang berlokasi di Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis (4/6/2020).

Dua titik lokasi yang ditinjau orang nomor satu di jajaran Kodim 0306/50 Kota itu, pertama meninjau rumah veteran TNI, Syofyan, warga Kuranji, Nagari Guguak VII Koto Talago, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota.

Menurut Dandim 0306/50 Kota, Letkol. Kav. Ferry S. Lahe, rumah milik veteran Syofyan ini, roboh karena bencana alam angin kencang beberapa waktu lalu.

Saat melakukan peninjau di lokasi, Dandim 0306/50 Kota, Letkol. Kav. Ferry S. Lahe, bersilaturahmi dengan veteran yang telah berumur 88 tahun itu.

Kepada Veteran TNI bernama Syofyan itu, Dandim memberikan salam hormat serta berdiskusi tentang kesehatannya dan sang istri masih sehat. Kepada veteran tersebut, Dandim menyebutkan bahwa kedatangannya adalah untuk bersilaturahmi sekaligus untuk menginformasikan bahwa rumah veteran itu akan direhab, sehingga bisa kembali layak dihuni.

Kepada jajaran Koramil 06 yang ikut mendampingi kunjungan Dandim ke rumah veteran Syofyan, Dandim 0306/50 Kota, Letkol. Kav. Ferry S. Lahe, meminta krepada anak buahnya itu untuk segera melakukan renovasi atau pembangunan rumah milik veteran tersebut.

Sedangkan kepada pemerintahan Jorong dan warga setempat, Dandim 0306/50 Kota, Letkol. Kav. Ferry S. Lahe, juga bermohon agar pekerjaan renovasi rumah veteran, Sofyan diberikan dukungan, sehingga pekerjaan renovasi rumah milik veteran tersebut berjalan lancar seperti yang diharapkan.  

Usai meninjau rumah veteran TNI, Syofyan di Nagari Guguak VII Koto Talago, Kecamatan Guguak, Dandim 0306/50 Kota, Letkol. Kav. Ferry S. Lahe, didampingi Koramil 03 melakukan peninjau rumah veteran TNI bernama Kawi (93 tahun) di Jorong Jariangau, Nagari Suliki, Kecamatan Suliki.

Kepada wartawan, Dandim 0306/50 Kota, Letkol. Kav. Ferry S. Lahe, menjelaskan bahwa, kegiatan renovasi rumah veteran dan rumah warga miskin tersebut dalam rangka HUT Kodam I/BB ke 70 tahun 2020.

“ Sedikitnya, ada 10 unit rumah warga miskin dan veteran di Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh yang dilakukan renovasi,” ungkap  Letkol. Kav. Ferry S. Lahe.

Dandim 0306/50 Kota, Letkol. Kav. Ferry S. Lahe mengakui bahwa,  alokasi anggaran untuk satu unit rumah yang akan direnovasi ini Rp30 juta. Sumber dananya bekerjasan dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Baznas Kabupaten Limapuluh Kota.

“Kita menargetkan 14 hari renovasi rumah warga miskin dan rumah veteran ini akan rampung dilaksanakan. Pekerjaannya akan dilakukan oleh anggota Babinda dibantu masyarakat,” pungkas Letkol. Kav. Ferry S. Lahe. (edw)