Koperasi Berbasis Digital Hadir di Sumatera Barat, Siap Kembangkan UMKM

oleh

Bukittinggi, Dekadepos.com

Sembilan pengusaha di Sumatera Barat menggagas terbentuknya koperasi berbasis online sekaligus syariah dengan nama Koperasi Milenial Online atau lebih dikenal KOPILO.

Sembilan pengusaha itu adalah Ferdian, Yeltra Armi, Rika Elsya Putri, Mulya Suci Ramadhani, Ofi Fadly Kahadi, Erik Aprikardo, Hengki Saputra, Osa Fitri dan Muslim yang pada akhirnya mendirikan Kopilo pada Juni 2020 lalu bersama dengan tuhun belas pendiri lainnya.

Kopilo berdiri lantaran masih banyak koperasi yang belum berbasis digital dan berorientasi syariah. Kopilo juga siap membantu perkembangan UMKM bahkan masyarakat yang ingin memulai usaha.

“Kita punya visi misi memajukan UMKM Sumatera Barat karena UMKM merupakan usaha produktif yang dapat menunjang kehidupan keluarga dan masyarakat pegiatnya. Apalagi dengan keadaan kini yang masih dilanda pandemi Covid 19. UMKM harus bangkit,” kata Ferdian, Ketua Kopilo yang juga Ketua Umum BPC HIPMI Kota Bukittinggi ini.

Dia menyebut tidak ada batasan wilayah domisili anggota yang ingin bergabung karena kopilo merupakan mitra strategis Kementerian Koperasi dan UKM.

Selain itu setiap anggota dapat mengetahui perkembangan transaksi keuangan koperasi lewat gawai pintar Android sehingga tidak ada anggota yang dirugikan. Anggota bisa mengunduh aplikasi kopilo di Play Store.

Dalam perjalanannya, Kopilo sudah memiliki anggota setidaknya 85 orang per Januari 2021. “Setiap orang bisa ikut bergabung di Koperasi ini,” katanya lagi. (Insan Kamil Dakuga).