KPU Bukittinggi Lantik 72 Orang PPS

oleh -29 views

Bukittinggi, dekadepos.com

Mengawali tahapan Pilkada serentak tahun 2020 didalam masa Kehidupan baru atau New Normal pasca pelaksanaan PSBB. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi mengawalinya dengan melantik 72 orang PPS. Proses pelantikan dilakukan di masing-masing kecamatan, Senin (15/6).

Ketua KPU Bukittinggi, Heldo Aura didampingi komisioner KPU lainnya, Yasrul dan Benny Aziz menjelaskan, setelah melewati proses seleksi, 72 PPS un tuk Pilkada 9 Desember 2020 mendatang, dilantik secara resmi. 72 orang PPS itu, merupakan jumlah keseluruhan dari PPS 24 kelurahan.

“PPS yang dilantik merupakan hasil seleksi sebelum penundaan tahapan pil kada karena pandemi covid-19. PPS dilantik sebanyak 72 orang untuk 24 kelurah an di tiga kecamatan secara bersamaan. Setiap kelurahan terdapat 3 anggota PPS,” ungkap Heldo Aura.

Dikatakan oleh Ketua KPU, pelaksanaan pelantikan diadakan di setiap keca matan sesuai protokol covid-19. Prosesnya dilaksanakan tiga tahap per kecamatan karena pertemuan secara tatap muka maksimal dihadiri orang 20 orang.Untuk tahap I dilaksanakan pukul 8.00 wib,tahap II pukul 9.30 wib dan Tahap III pukul 11.00 wib.

“Pelantikan dilaksanakan sesuai protokol covid-19. Di masing masing keca matan dilaksanakan tiga tahap pelantikan. Dalam satu tahap, maksimal dilaksana kan pelantikan tiga kelurahan,” ujar Heldo Aura.

Untuk kecamatan Aua Birugo Tigo Baleh (ABTB) dilantik sebanyak 24 orang PPS dan langsung dilantik Ketua KPU,Heldo Aura, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan  (MKS) sebanyak 27 orang PPS dilantik dan dihadiri MKomisoioner KPU,Benny Aziz dan Donny Syahputra. dan kecamatan Guguak Panjang (GGP), dilantik sebanyak 21 orang PPS,dilantik dan dihadiri Komisioner KPU,Yasrul dan Zul wida Rahmayeni.

“Setiap PPS wajib untuk menegakkan integritas. Kemudian setiap petugas dan pelaksana, dituntut untuk siap melaksanakan pemilihan dalam kondisi pandemi covid-19,” ujarnya.

Kesiapan SDM itu, tentu didukung nantinya dengan pengadaan masker,hand sanitizer dan thermo gun serta APD lainnya.

24 JUNI AWAL PELAKSANAAN VERIFIKASI FAKTUAL      

Sementara itu Yasrul  menambahkan untuk tahapan berikutnya,pada tanggal 24 Juni 2020 ini akan dilakukan Penyerahan Dokumen dukungan Bakal pasangan calon Walikota dan wakil Walikota Bukittinggi dari jalur Perseorangan dan Doku men dukungan pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Sumatera Barat dari Perseorangan kepada PPS.kata Yasrul.         

Pada tanggal 27 Juni 2020,KPU Provinsi Sumatera Barat secara serentak dengan KPU kabupaten Kota yang melaksanakan Pilkada serentak tahun 2020, akan melaksanakan Verifikasi Faktual dilapangan.Untuk kota Bukittinggi,KPU mempersiapkan 158 tenaga verifikator yang siap diturunkan kelapangan.kata Yasrul      

Adapun dukungan yang akan di verifikasi dilapangan sebanyak  36.143 sya rat dukungan dari tiga pasang Bakal calon Walikota dan wakil Walikota Bukitting gi dari jalur Perseorangan,Masing masingnya,Bakal Pasangan calon Petahana H. Ramlan Nurmatias- H.Syahrizal Dt Palang Gagah,Bakal pasangan calon H.Martias Tanjung-Taufik dan Bakal Pasangfan Calon M.Fadli – Yon Afrizal.      

Disamping itu juga di Verifikasi  Faktual 6.216 Syarat Dukungan untuk Pasangan Bakal calon Gubernur Sumatera Barat,H.Fahrizal-Genius Umar.6.216 dukungan itu khusus untuk kota Bukittinggi, tambah Yasrul.( Edis )