KPU-RI AKAN GELAR KONSOLIDASI REGIONAL DI KOTA BUKITTINGGI

oleh -162 views

BUKITTINGGI,dekadepos.com-

Komisi Pemilihan Umum  Republik Indonesia (KPU-RI) akan menyelenggarakan Konsolidasi Regional Program Peningkatan Partisipasi Masyarakat.Konsoilidasi itu diadakan,dalam rangka evaluasi program Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Pemilu 2019 dan persiapan Pemilukada tahun 2020.

Hal itu diungkapkan,Asep Hanan selaku perwakilan KPU-RI sekaligus Panitia penyelenggara saat bertemu Walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias di ruang Tamu Walikota,Kamis (15/8) kemaren.

Hadir dalam pertemuan itu,Ketua KPU Pro vinsi Sumatera Barat, Amnasmen,Sekretaris KPU Provinsi,Firman,Kabag Hukum, Catur,Kabag Umum,Arlis,didampingi Ketua KPU Bukittinggi,Beny Aziz dan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan,Yasrul.

Dikatakan oleh Asep Hanan,Komisi Pemilihan Umum RI akan menyelenggarakan Konsolidasi Regional Program Peningkatan Partisipasi Masyarakat. Konsolidasi terbagi tiga gelombang. Gelombang pertama akan berlangsung pada 28-30 Agustus 2019 di Kota Bukittinggi.

Kegiatan ini akan dihadiri sekitar Asep Hanan,600 orang lebih akan datang ke Bukittinggi untuk mengikuti acara besar tersebut.Antara lain dari Propinsi Aceh ,Sumut,Riau,Kepulauan Riau,Jambi,Bengkulu,Sumsel,Babel,Lampung,Banten dan Propinsi Sulawesi Utara. Masing-masing KPU Propinsi dan KPU Kabupaten/ Kota nya membawa dua orang peserta.

Sementara tujuan Konsolidasi Regional ini diadakan sebagai ajang evaluasi dalam hal sosialisasi dan peningkatan partisipasi masyarakat, dan juga untuk mengatur strategi sosialisasi pemilu mendatang agar partisipasi masyarakat dalam pemilihan bisa lebih ditingkatkan.

Nantinya peserta akan menginap di hampir semua hotel di Bukittinggi, Terakhir peserta dihibur dengan penampilan seni dan Budaya serta penutupan akan berlangsung di Pelataran Jam Gadang.ujar Asep Hanan.

Walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias sangat menyambut baik rencana kegiatan itu.Ini merupakan penghargaan kepada Kota Bukittinggi. dengan pembangunan yang pesat, membuat even-even nasional mulai banyak dilaksanakan di Bukittinggi. selaku tuan rumah, kami siap melaksanakan nya, ujar Walikota Ram lan Nurmatias. Tentu saja, kedatangan 600 peserta lebih nanti akan sangat meng gairahkan perhotelan di Bukittinggi dan perekonomian masyarakatnya.sambung nya.

Kemudian,Walikota Ramlan Nurmatias, juga menyinggung keberadaan Kantor KPU Kota Bukittinggi.Pemko Bukittinggi juga memberikan perhatian terhadap hal itu. Kantor KPU sekarang ini, merupakan bangunan cagar budaya,bekas kantor Balaikota dan Kantor Camat Guguak Panjang yang berlokasi di Pasar Atas.Dinilai lokasi kantor tidak presentatif lagi melayani peserta pemilu, partai politik dan  masyarakat, karena kurangnya ketersediaan fasilitas parkir dan kondisi kantor yang kecil.ungkap Ramlan Nurmarias.

Untuk itu,kita mendesak KPU Bukittinggi agar segera mengurus administrasi terkait tanah yang akan di hibahkan ke KPU. Tanahnya sudah disediakan, tinggal kelengkapan administrasinya saja yang belum dari KPU Bukittinggi. Tanah yang akan di hibahkan tersebut terletak di Kelurahan Manggis Gantian. Berdekatan dengan gedung Kantor DPRD Kota Bukittinggi  dan Kantor Lurah Manggis Gantiang.kata Ramlan Nurmatias. (Edis)