KPU Sampaikan Laporan Hasil Pilkada Serentak 2020 di Payakumbuh

oleh -48 views

Payakumbuh, Dekadepos.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh diwakili Komisioner KPU menyerahkan secara Simbolis Buku Hasil Pemilihan kepada Walikota Payakumbuh Riza Falepi yang diwakili Staf Ahli, Elvi Jaya dalam rangkaian kegiatan Rapat Penyampaian Laporan Hasil Pemilihan Serentak 2020 dan Diseminasi Hasil Riset Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat tahun 2020 di Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Husni Kamil Manik KPU Kota Payakumbuh, Jumat 30 April 2021.

Selain kepada Walikota Payakumbuh, Buku setebal 31 halaman tersebut juga diserahkan kepada Kapolres Payakumbuh, dan BAWASLU serta disaksikan oleh Perwakilan Pengurus Partai Politik (PARPOL) yang ada di daerah itu dan Kesbangpol. Selain Buku, KPU juga menyerahkan bantuan Ratusan baju Asmat sebagai bentuk kepedulian KPU dalam mendukung upaya Pemerintah mencegah dan memutus mata rantai Penyebaran Covid-19 di daerah Perlintasan Sumbar-Riau.

Walikota Payakumbuh dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi KPU dan seluruh jajaran dalam Pelaksanaan PILKADA tahun 2020 lalu, sebab Pelaksanaan berjalan dengan baik dan lancar, tanpa ada pertikaian hingga penetapan pemenang Pilkada.

” Kami sangat mengapresiasi KPU dan jajaran serta seluruh pihak yang menyukseskan jalannya PILKADS di daerah kita. Sebab Pelaksanaan berjalan dengan aman, tertib serta tanpa adanya perpecahan dan keributan. Apalagi KPU Payakumbuh juga diapresiasi KPU Provinsi Sumbar dalam hal penghitungan hasil PILKADA.” Sebut Elvi Jaya.

Mantan Sekretaris DPRD Kota Payakumbuh itu juga menambahkan, dengan Riset yang dilakukan semoga kedepan bisa dijadikan acuan dalam Pilkada serentak tahun 2024 nanti.

Dalam PILKADA tahun 2024 nanti direncanakan juga akan diikuti oleh Kota Payakumbuh, sebab masa Jabatan Pasangan Walikota-Wakil Walikota Payakumbuh, Riza Falepi-Erwin Yunaz (F-WIN) akan berakhir tahun 2022 mendatang.

Beberapa waktu sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh, Heidi Mursal menyebutkan bahwa pelaksanaan Tahapan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar tahun 2020 di Payakumbuh berjalan dengan sukses dan lancar. Hal tersebut terlihat dengan tidak adanya persoalan yang muncul terkait situasi keamanan/gangguan Kamtibmas, terpilih pemimpin sesuai keinginan masyarakat serta tingkat Partisipasi masyarakat yang cukup tinggi.

Meski begitu, KPU tetap melakukan Evaluasi Tahapan agar kedepan dalam pelaksanaan Pemilihan Legislatif (PILEG) maupun Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) di Payakumbuh bisa berjalan lebih baik.

Hal tersebut diungkapkan Heidi Mursal saat membuka Evaluasi Tahapan Pilgub Sumbar tahun  2020 di Kota Payakumbuh pada Rabu pagi 17 Februari 2021di salah satu aula Hotel di Kecamatan Payakumbuh Timur. Kegiatan tersebut diikuti Pengurus Partai Politik, Tim Kampanye. Selain itu juga hadir Walikota Payakumbuh yang diwakili Asisten III, Kajari, Dandim 0306/50 Kota, Kapolres Payakumbuh serta Kakan Kesbangpol Kota Payakumbuh.

” Sukses atau tidaknya pelaksanaan Pilgub Sumbar di Kota Payakumbuh dapat dilihat dari sisi keamanan, tingkat Partisipasi dan terpilih pemimpin sesuai harapan masyarakat. Di Payakumbuh sendiri, Pilgub berjalan dengan baik dan sesuai harapan.” Sebut Heidi Mursal.

Ia juga menambahkan, tidak tercapainya target partisipasi di Payakumbuh dipengaruhi oleh berbagai hal/persoalan. Untuk itu KPU menggelar Evaluasi, sehingga hasil Evaluasi dapat dijadikan bahan / panduan dalam menghadapi Pileg ataupun Pilkada kedepan. (Edw).