KPU Sijunjung Siap Gelar Pilkada Dengan Protokol Kesehatan

oleh -12 views

Sijunjung, Dekadepos.com

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang semula pelaksanaan hari “H” atau pemilihan akan dilaksanakan pada 23 September 2020, namun disebabkan oleh pandemi Covid-19 bakal dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU Sijunjung Lindo Karsyah, didampingi Komisioner KPU Fakhrul Rozi Burda (Divisi Hukum), Gunawan (Divisi Teknis), dan Nafwan (Divisi Sosialisasi), kepada jurnalis di Kantor KPU Sijunjung, Muaro Sijunjung, Selasa (16/6/2020).

“Perubahan tahapan Pilkada 2020 ini berdasarkan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019,” ungkap Lindo karsyah.

Berdasarkan itu pula, tambah Lindo, tahapan Pilkada 2020 akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19.

“Kami akan menyiapkan perubahan tahapan Pilkada 2020 ini, menyesuaikannya dengan tatanan normal baru dalam pandemi Covid-19 ini,” kata Lindo.

Selain itu, terang Lindo, ada penambahan biaya sekitar Rp4 miliar untuk memenuhi kebutuhan Pilkada dalam masa tatanan normal baru ini.

“Penambahan tersebut menyesuaikan dengan kondisi saat ini, dimana perlu penyediaan seperti APD, masker, hand sanitizer, dan tempat cuci tangan,” kata Lindo.

Lanjutnya, mengenai penambahan biaya tersebut jika tidak ada dari APBD bakal diambil dari dana pusat.

Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis KPU Sijunjung Gunawan mengatakan, tahapan Pilkada yang telah disusun sebelumnya, mengalami perubahan dan disesuaikan dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2020.

“Salah satu tahapan yang tertunda karena pandemi Covid-19 ini adalah verifikasi calon perseorangan. Untuk Pilkada kabupaten Sijunjung ini ada satu Bakal Calon Perseorangan,” kata Gunawan.

Bakal Pasangan Calon Perseorangan untuk pemilihan 2020 itu, tutur Gunawan, atas nama pasangan H. Endre Saiful-Nasrul. Pasangan ini telah menyerahkan dukungan yang tercatat pada Sistem Pencalonan (Silon) sebanyak 24.015 orang pada Rabu (19/2/2020) lalu. (Heru)