Kwarcab 0314 Gerakan Pramuka Payakumbuh Gelar Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-62

Payakumbuh, Dekadepos.com

Kwarcab 0314 Gerakan Pramuka Payakumbuh Gelar Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-62 tahun 2023, upacara itu dipimpin Ketua Kwarcab 0314 Gerakan Pramuka Kota Payakumbuh, Rida Ananda. Upacara digelar di Lapangan Balai Kota Payakumbuh, Jumat 13 Oktober 2023.

Tema utama peringatan Hari Pramuka ke-62 pada tahun 2023 ini adalah “Dengan Peringatan Hari Pramuka Ke-62, Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”.

Rida Ananda menyampaikan amanat Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Budi Waseso kepada seluruh peserta upacara.

“Melalui hari pramuka ini diharapkan semangat gerakan pramuka terus ditingkatkan untuk menciptakan sumber daya manusia yang lebih profesional. Disamping itu, wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara,” ucap Rida.

Rida juga mengingatkan agar gerakan pramuka tetap solid menjelang tahun politik dengan tetap berpegang teguh pada kode kehormatan gerakan pramuka, yaitu Tri Satya dan Dasa Dharma.

“Terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik, kiranya persatuan dan kesatuan gerakan pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan. Mari terus maju dan berkiprah untuk masyarakat di Kota Payakumbuh,” sambung Rida.

Dalam kesempatan yang sama, Delni Putra selaku Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum dalam laporannya mengatakan bahwa pada program kerja Kwarcab 0314 Gerakan Pramuka Kota Payakumbuh tahun 2023 telah dilaksanakan kegiatan tahunan Lomba Best of the Best Batiah Scout Competition XVII.

“Total jumlah personil peserta, pembina pendamping, dan pimpinan kontingen pada lomba BOB XVII berjumlah sebanyak 1.367 orang yang sekaligus dirangkaikan dengan peringatan Hari Pramuka ke 62 tahun 2023,” kata Delni.

Setelah upacara, Rida Ananda menyerahkan secara langsung tropi juara umum BOB XVII 2023 disaksikan oleh seluruh peserta upacara. Adapun tropi juara umum BOB XVII 2023 diraih oleh Gudep 01.037 – 01.038 Pangkalan SD IT Mutiara Hati, Gudep 02-002 Pangkalan SMPN 1 Kota Payakumbuh Putri, dan Gudep 03.003 – 03.004 Pangkalan SMAN 2 Kota Payakumbuh.

Acara dilanjutkan dengan pelantikan pengurus majelis pembimbing dan pimpinan cabang satuan karya pramuka pengawas obat dan makanan Loka POM Kota Payakumbuh, serta penyerahan bantuan kepada 11 kepala keluarga terdampak stunting oleh Rida.

Rida juga menyerahkan piagam penghargaan kepada peserta Raimuna Nasional XII 2023, serta menyerahkan tropi piala bergilir kejuaraan E-Sport mobile legend Beng Beng tingkat daerah yang diwakili oleh tim E Scout gugus depan gerakan pramuka pangkalan SMAN 4 Kota Payakumbuh.

Tak hanya itu, Rida Ananda selaku Ketua Kwarcab 0314 menerima Penghargaan Lencana Darma Bakti kegiatan Raimuna Nasional XII Tahun 2023 yang diserahkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang diwakilkan oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum, Delni Putra. (Edw/Rel).

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *