Kwarcab Bukittinggi Gelar Sosialisasi Akreditasi Gugus Depan

oleh -44 views
Kakwarcab XIII Kota Bukittinggi H.Yuen Karnova membuka secara resmi aca ra Sosialisasi Akreditasi Gugus Depan tahun 2020 di Hall Badan Keuangan Bukittinggi,

Bukittinggi, dekadepos.com

Kakwarcab  XIII Kota Bukittinggi H.Yuen Karnova membuka secara resmi acara Sosialisasi Akreditasi Gugus Depan tahun 2020 di Hall Badan Keuangan Bukittinggi, Kamis (5/3).  

Kakwarcab XIII Bukittinggi, H.Yuen Karnova pada kesempatan itu mengatakan, dalam rangka mewujudkan akuntabilitas publik, Gugus Depan harus secara aktif membangun sistem penjaminan mutu internal. Untuk membuktikan bahwa sistem penjaminan mutu internal telah dilaksanakan dengan baik dan benar, Gugus Depan harus diakreditasi oleh Kwartir Gerakan Pramuka.

Dengan sistem penjaminan mutu yang baik dan benar, Gugus Depan akan mampu meningkatkan mutu, menegakkan otonomi dan mengembangkan diri sebagai ujung tombak pendidikan kepramukaan dan kekuatan moral masyarakat secara berkelanjutan.

BACA JUGA : Kemah Pramuka Membentuk Karakter Anak Didik

Dikatakan Yuen Karnova, akreditasi Gugus Depan adalah seluruh proses kegiatan evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen Gugus Depan terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program pendidikan kepramukaan yang akan dilakukan oleh Tim Asesor yang ditugaskan oleh Kwartir. Untuk menentukan kelayakan, Gugus Depan harus menunjukkan bukti-bukti yang dipersyaratkan dalam akreditasi tersebut.

Karena Gugus Depan merupakan ujung tombak pendidikan kepramukaan yang didedikasikan untuk memanfaatkan dan mentransdormasikan nilai-nilai kepramukaan dengan menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan. Gugus Depan merupakan wadah pembinaan bagi anggota muda dan pengabdian bagi anggota dewasa. Sekaligus meningkatkan mutu kehidupan masyarakat, khususnya kaum muda.

Sekretaris Kwarcab Bukittinggi Yollis Andri melaporkan kegiatan sosialisasi akreditasi Gugus Depan berlangsung 2 hari, tanggal 5 Maret dan 7 Maret di Hall Badan Keuangan. Untuk tanggal 5 Maret diikuti 60 orang Pembina Gugus Depan SD. Sedangkan tanggal 7 Maret diikuti oleh 40 orang Pembina Gugus Depan SMP, SMA dan SLB. Sedangkan pemateri 2 orang dari Kwartir Cabang Bukittinggi dan pendamping 6 orang.

Yollis Andri melanjutkan, tujuan dari akreditasi gudep untuk menjamin gugus depan telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh kwartir nasional. Sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan pendidikan kepramukaan yang tidak memenuhi standar. Sekaligus untuk memotivasi gugus depan untuk terus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi, tambahnya. (Edis)