Lagi, Residivis Dibekuk Saat Akan Transaksi

oleh -11.005 views

Payakumbuh, Dekadepos.com

Tim Gabungan Opsnal Satresnarkoba Polres Payakumbuh dan BNNK Payakumbuh kembali membekuk Residivis Kasus Narkoba jenis sabu-sabu. Penangkapan terhadap tersangka berinisial YG (32) warga Jorong Situjuah Banda Dalam Kenagarian Situjuah Banda Dalam Kabupaten Limapuluh Kota dilakukan Tim Gabungan yang dipimpin langsung KBO Satresnarkoba, Ipda. Y. Herman dan Kanit Narkoba, Aiptu. Ardiyanto Minggu 30 September 2018 sekitar pukul 14.00 Wib di sebuah gudang kayu di Kenagarian Situjuah Banda Dalam.

Penangkapan terhadap tersangka yang juga pemakai Narkoba itu dilakukan setelah anggota Tim Opsnal melakukan penyamaran (Under Cover Buy) dengan berpura-pura sebagai pasien/pembeli Narkoba. Karena tidak menduga yang akan membeli adalah anggota Polisi, tersangka yang sebelumnya ditangkap dimasa kepemimpinan Kasat Resnarkoba, Kompol. Russirwan (kini berdinas di Dirreskrimsus Polda Sumbar) menyanggupi untuk mengantarkan Narkoba. Namun naas, bukannya dapat uang, ia justru harus diborgol oleh petugas kepolisian yang melakukan penangkapan.

Dari penangkapan tersebut, Polisi menyita 1 paket Narkoba jenis Sabu-sabu siap pakai, handphone. Penangkapan di pinggir jalan raya Situjuah-Barulak menarik perhatian warga sekitar dan pengendara yang melintas, termasuk pihak keluarga tersangka. Kepada Polisi, tersangka menyebut mendapatkan barang haram tersebut dari seorang Bandar dari Barulak Kabupaten Tanah Datar.

 

” Saya beli sabu-sabu tersebut dari seorang Bandar di Barulak pak. Biasanya ia yang langsung mengantar kepada saya.” Ujar YG.

Usai menggeledah tersangka disaksikan pihak Jorong dan LPM, tersangka digiring kekediaman orang tuanya yang tidak jauh dari lokasi penangkapan. Dikediaman orang tersangka, kembali diamankan sejumlah barang bukti Narkoba, diantarannya, bong lengkap dan mancis.

” Iya, kita kembali menangkap satu orang Residivis Narkoba jenis sabu-sabu. Tersangka kita bekuk dengan cara melakukan penyamaran/berpura-pura sebagai pembeli. Sebelumny3a satu pasangan suami istri juga dibekuk karena kasus Narkoba.” sebut Kapolres Payakumbuh, AKBP. Endrasetiawan Setyowibowo melalui Kasat Resnarkoba, Iptu. Zulhendri didampingi KBO. Satresnarkoba, Ipda. Y. Herman, Kanit Narkoba, Aiptu. Ardiyanto, Kasubag Humas, Iptu. Hendri Has dan Paur Humas, Ipda. Hendri Has, Senin 1 Oktober 2018.

Zulhendri juga menambahkan, penangkapan terhadap tersangka YG dilakukan atas informasi masyarakat sekitar yang mengaku resah dengan aktivitas tersangka yang merusak generasi muda dengan menjadi pengedar Narkoba.

Untuk pengusutan lebih lanjut, tersangka dan barang bukti diamankan di Mapolres Payakumbuh Kawasan Labuah Basilang. (Edw).