LAPAS Payakumbuh Bakal Pindah

oleh -1,296 views

Payakumbuh, Dekadepos.com

Rencana pemindahan Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas II B Payakumbuh yang dulu sempat mengapung, kini kembali mencuat. Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Barat R. Andika Dwi Prasetya, Bc.I.P., S.Pd baru-baru ini.

Sebelumnya rencana pemindahan LAPAS yang berada di Pusat Kota itu terkendala karena tidak adanya lahan baru. Kini rencana pemindahan itu diungkapkan R. Andika saat membuka kegiatan Pengawasan Orang Asing tingkat Kabupaten Limapuluh Kota dengan tema Aplikasi Pelaporan Orang Asing Versi 2 (APOA V.2) dan Pemberian Izin Masuk Bagi WNA Pada Masa Pandemi Covid-19 di salah satu Aula Hotel di Sicincin Kecamatan Payakumbuh Timur.

Menurut R. Andika saat ini rencana pemindahan LAPAS (Warga binaan.red) ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak/LPKA Tanjung Pati masih menunggu persetujuan dari Pemerintah Pusat.

” Iya, LAPAS kelas II B Payakumbuh saat ini dalam keadaan relatif aman. Namun untuk lebih meyakinkan kondisi aman dan kenyamanan warga binaan, kita akan mengalihkan antara LAPAS Payakumbuh dan LPKA Tanjung Pati. Hal ini dilakukan ketimbang membangun LAPAS baru yang dana dan lokasinya belum tentu ada.” Sebutnya.

Andika juga menyebutkan, pihaknya juga telah memerintahkan seluruh kepala lapas/kepala rutan di sumbar untuk bersinergi dengan aparat keamanan serta Pemda diwilayah kerjanya masing-masing dalam rangka terciptanya stabilitas keamanan di lingkungan lapas/rutan.

Saat ini LAPAS kelas II B Payakumbuh yang berada di Pusat Kota mengalami penghuni yang melebihi dari daya tampung. Warga binaan yang berasal dari berbagai daerah itu sejak beberapa waktu terakhir masih didominasi oleh mereka yang tersandung kasus Narkoba. Bahkan beberapa warga Binaan pada tahun-tahun sebelumnya ada yang mencoba melarikan diri dengan cara memanjat tembok pembatas.

Sementara di LPKA Tanjung Pati saat ini hanya membina warga Binaan khusus anak, sebab warga binaan perempuan yang juga dibina disana telah dipindahkan ke Lapas Anak Aia Kota  Padang. (Edw).

No More Posts Available.

No more pages to load.