Lima Wilayah Kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota Diterjang Banjir dan Longsor, Paling Parah  Terjadi di  Lembah Harau

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com –

Tingginya curah hujan yang terjadi sejak dua hari terakhir mengakibatkan sejumlah nagari di lima kawasan Kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota diterjang longsor dan banjir.

Informasi yang berhasil diperoleh dari Kepala BPBD Kabupaten Limapuluh Kota Rahmadinol menyebutkan, ke lima wilayah Kecamatan yang terkena bencana banjir dan longsor tersebut yakni Kecamatan Pangkalan Koto Baru.

“Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kampar, Riau, ini luapan banjir terjadi di tiga titik yakni di Jorong Lubuak Omeh, Nagari Gunuang Malintang. Kemudian di Jorong Banjar Ronah banjir telah merendam badan jalan,” ungkap Rahmadinol.

Tak hanya itu, ulas Rahmadinol, akibat tingginya luapan banjir,  yang terjadi di daerah itu jalan penghubung Pangkalan-Kapur IX tepatnya di Jorong Lubuak Ameh genangan air telah menutup badan jalan.

Sementara itu banjir yang melanda Kecamatan Harau terdapat  4 Nagari yakni Nagari Tarantang, Nagari Harau, Nagari Sarilamak dan Nagari Solok Bio-bio.

“ Di Nagari Harau, tepatnya di Jorong Ulu Aia material longsor telah menimbun badan jalan Sumbar-Riau, lokasinya tidak jauh dari Bandrek Hose yang mengakibatkan hubungan transportasi dari Sumbar-Riau atau sebaliknya sempat lumpuh beberapa jam sebelum material longsor berhasil dibersihkan oleh Balai Jalan Nasional ruas Sumbar-Riau  dibantu Tim SAR terdiri dari BPBD, Kodim 0306/50 Kota Polres 50 Kota, Basarnas Pos SAR 50 Kota, Dinas Damkar, Dinas Kesehatan, relawan serta masyarakat setempat,” ungkap Rahmadinol.

Sementara itu banjir juga terjadi di Kecamatan Gunung Omeh, tepatnya di Jorong Palangkitangan, Nagari Koto Tinggi dan Jorong Koto Panjang, Nagari Pandam Gadang. Kemudian banjir juga menerjang Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka.

Sementara itu di Kecamatan Situjuah Limo Nagari, longsor telah menimbun ruas jalan Tungka-Situmbuak, Nagari Tungka dan ruas jalan Nagari Ladang Laweh.

Menurut Rahmadinol, material longsor yang menimbun badan jalan ruas jalan Tungka-Situmbuak, Nagari Tungka dan ruas jalan Nagari Ladang Laweh sudah berhasil dievakuasi bersama masyarakat setempat.

Melalui media ini, Kalaksa BPBD Kabupaten Limapuluh Kota Rahmadinol menghimbau masyarakat untuk berhati-hati, utamanya bagi warga yang tidak di daerah rawan longsos dan banjir.

“ Melihat curah hujan yang masih terus terjadi di kawasan Kabupaten Limapuluh Kota, kami minta masyarakat untuk selalu waspada,” pungkas Rahmadinol. (ds)

 

  

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *