Limapuluh Kota Maju, Makmur dan Sejahtera Dapat Diwujudkan Jika Masyarakat Bersatu untuk Gerakan Perubahan

oleh -172 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus menyebutkan, untuk menggapai Kabupaten Limapuluh Kota maju, makmur dan sejahtera dapat diwujudkan dengan kerja keras, kerjasama, dan kerja bersama secara gotong royong oleh semua elemen daerah. Artinya, harus ada ‘Gerakan Perubahan’ dan kuncinya sudah dituangkan dalam Visi dan Misi.

Sesuai dengan Visi: Mandiri dalam arti maju dalam bidang SDM adalah penataan dalam bidang kesehatan dan pendidikan untuk mewujudkan indeks pembangunan manusia (IPM) di atas rata-rata provinsi Sumatera Barat.

Mandiri dalam arti berkepribadian dalam budaya dan agama adalah upaya untuk pemanfaatan potensi-potensi umat sesuai tuntunan adat dan agama guna meningkatkan perekonomian umat.

Mandiri dalam arti berdikari dalam bidang ekonomi adalah upaya untuk memanfaatkan secara maksimal potensi sumberdaya alam dan sektor produksi lainnya dalam rangka meningkatkan kemandirian Daerah dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sejahtera adalah upaya yang dilakukan untuk mengurangi masyarakat miskin, meningkatnya pendapatan dan daya beli masyarakat, meningkatnya kualitas SDM, meningkatnya pengamalan agama dan adat yang didukung oleh infrastruktur dan profesionalisme birokrasi.

Sedangkan Misiadalah: Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Meningkatkan Pengembangan Struktur Ekonomi yang Produktifdan Berdaya Saing. Meningkatkan Pengembangan Budaya dan Agama dalam Mendorong Perekonomian Umat. Meningkatkan Pembangunan dan Pengembangan Infastruktur yang Merata dan Berkeadilan dengan Memperhatikan Daya Dukung Lingkungan. Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik dan Peningkatan Pelayanan Publik

Menurut Muhammad Rahmad, program unggulan seperti tertuang dalam Misi tersebut adalah:  Misi I: Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Program Unggulan Bidang Kesehatan diantaranya penuntasan stunting. Penataan sarana  dan prasarana kesehatan dan tenaga kesehatan. Peningkatan mutu dan kualitas layanan Kesehatan di rumah sakit dan Puskesmas/Pustu. Peningkatan jumlah dan kualitas Dokter dan tenaga kesehatan lainnya sesuai kebutuhan jarak dan wilayah. Jaminan masyarakat miskin untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.Menambah jumlah Rumah Sakit Daerah

“Sementara program Unggulan Bidang Pendidikan adalah Penataan sarana dan prasarana pendidikan dan peningkatan kuantitas dan kualitas tenaga pendidikan serta pemberian reward bagi tenaga pengajar berprestasi. Jaminan masyarakat miskin untuk mendapatkan santunan pendidikan dan menjamin Jenjang Pendidikan TK s/d SLTA bebas pungutan. Memberikan beasiswa keperguruan tinggi bagi masyarakat miskin yang berprestasi atau bagiyang hafal 30 Juz. Pengembangan pola penddikan karakter.

Pengembangan Pola Pendidikan Asrama (Islamic Boarding School dan Talenting Boarding School). Perluasan Internet gratis untuk menunjang Pembelajaran,” ulas M.Rahmad.

Kemudian Misi II adalah Meningkatkan Pengembangan Struktur Ekonomi yang Produktif dan Berdaya Saing. Program unggulannya antara lain mengoptimalisasikan PAD dalam rangka meningkatkan Indek Kemandirian Daerah. Meningkatnya produksi Pertanian dengan Pembenahan Sistem dan Teknologi Pertanian dan mewujudkan ketahanan pangan.

Pembenahan Distribusi dan Tata Niaga Pupuk dan Pupuk Bersubsidi. Peningkatkan produksi jagung secara massif sejalan dengan memajukan dan perlindungan peternakan di Kabupaten Lima Puluh Kota. Memperbaiki tata niaga dan distribusi gambir dan komoditas pertanian unggulan lainya dalam mewujudkan kesejahteraan petani.

Perbaikan pariwisata unggulan dan pengembangan cluster baru pariwisata. Pembangunan  industri pengolahan jeruk dan air nira. Penataan perizinan untuk meningkatkan realisasi investasi. Pembenahan Pasar Rakyat dan Penumbuhan pusat-pusat ekonomi baru dan pengembangan ekonomi kreatif untuk meningkatkan nilai tambah produk.

Meningkatkan Peran Perlindungan dan FasilitasiPemerintah Daerah terhadap setiap usaha rakyat baik dari segia kses permodalan dan pemasaran melalui Revitalisasi dan Pengembangan BUMD dan Bumnag.

Sedangkan Misi III adalah,Meningkatkan Pengembangan Adat Budaya dan Olah Raga dan Program unggulannya adalah pembenahan pengelolaan zakat infaq dan sadaqah secara produktif melalui Bank Infaq dalam rangka mendukung program penanggulangan kemiskinan.

Mendorong perkembangan jasa keuangan Syariah menjadi salah satu lembaga ekonomi utama dalam mencapai kesejahteraan masyarakat.

Membentuk unit usaha pesantren melalui kemitraan swasta, BUMN, dan Kementerian/Lembaga dengan didukung kebijakan yang dapat memperluas akses pasar dan insentif bagi pesantren, mualimin/mualimat, dan lembaga pendidikan keagamaan sejenis. Revitalisasi Nagari (Adat) secara Komprehensif meliputi Limbago dan Implementasi Kolaborasi Tigo Tungku Sajarangan untuk kesejahteraan Anak Nagari.

Pengembangan MDA/TPA/TPQ, rumahTahfiz dan Pembinaan Remaja Mesjid dan Kader Mubalig sampai tingkatan jenjang Pendidikan SLTA disetiap Nagari/Jorongsebagai Program Surau Nagari.

Peningkatan kualitas dan Insentif bagi Pendukung Program SURAU NAGARI yaitu Guru Ngaji, Imam, Ustazd dan Garim.

Pengembangan Potensi dan bakat seni budaya dan olah raga generasi muda di Tiap Nagari. Pembenahan Sarana dan Prasarana Pengembangan Seni Budaya dan Olah Raga berstandar Nasional/Internasional. Beasiswa Prestasi dan insentif bagi Pelatih bidang Seni Budaya dan Olah raga

Kemudian Misi IV adalah Meningkatkan Pembangunan dan Pengembangan Infastruktur yang Merata dan Berkeadilan dengan Memperhatikan Daya Dukung Lingkungan. Program unggulannya adalah,Optimalisasi pembangunan Ibu Kota Sarilamak dan Prioritas Jalan Penghubung Kawasan Startegis (Penataan RTH, pusat pertokoan , dan taman kota secara berkelanjutan).

Penataan pasar-pasar satelit sebagai pusat bisnis. Pembangunan Jalan dan Jembatan yang berkeadilan dengan prioritas pada sektor-sektor ekonomi dan prioritas daerah. Pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi dan jaringan pengairan lainnya.

Koloborasi antara Pemerintah Daerah Kabupaten, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat dalam pembangunan dan pengembangan infastruktur. Peningkatkan kinerja pengelolaan persampahan.

Melakukan mitigasi terhadap dampak perubahan iklim dan mitigasi bencana : Pencegahan kebakaran hutan. Penanaman kembali lahan-lahan kritis. Membangun taman-taman dan penghijauan jalan.Pembangunan waduk, embung, untuk mengatasi banjir.

Misi ke V adalah, Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik dan Peningkatkan Pelayanan Publik dan Program unggulannya

Antara lain Mengembangkan Aparatur Sipil Negara yang professional melalui penerapan reward and punishment dan pengembangan SDM melalui pendidikan latihan dan tugas belajar.

Mereformasi sistem perencanaan, penganggaran, dan akuntabilitas birokrasi. Mereformasi kelembagaan dan Tatalaksana birokrasi agar lebih terkoordinasi, kompak, efektif dan efisien. Mempercepat Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Penguatan Pelayanan Publikdi Pemerintah Nagari dan Kecamatan. Membangun Mall Pelayanan Publik yang representatif dan berkinerja sebagai representasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Tingkat Kabupaten.

Diakui Muhammad Rahmad, untuk menggapai Visi & Misi yang telah terkonsep dengan baik tersebut, tentunya dapat diwujudkan apabila masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota kerja bersama untuk Gerakan Perubahan.

“ Artinya, Gerakan Perubahan untuk Limapuluh Kota maju akan dapat tercapai apabila dilakukan dengan kerja keras, kerjasama dan kerjabersama secara gotong royong oleh semua elemen daerah. Dengan semangat persatuan dan gotong royong, kita yakin apa yang menjadi tujuan bersama akan berhasil. Semoga Allah SWT yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang selalu meridhoi upaya kita bersama menuju Limapuluh Kota Maju dan Berkepribadian Berlandaskan ABS-SBK (Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah). “ pungkas Muhammad Rahmad (*)