M.Hayuti Datuak Rajo Pangulu: Irfendi Arbi-Syafaruddin Datuak Bandaro Rajo Pantas Disatukan

oleh -1.015 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos,com-

Para ninik mamak dan pemangku adat yang hadir pada prosesi pengukuhan pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkakau (LKAAM) Kabupaten Limapuluh Kota, di aula rumah dinas Bupati Labuah Basilang, Kota Payakumbuh, Selasa (16/6/2020), bertepuk riuh tatkala Ketua LKAAM Propinsi Sumatera Barat, M.Hayuti Datuak Rajo Pangulu dalam pidatonya menyinggung keberadaan Safaruddin Datuak Bandaro Rajo.

“ Berkomunikasi dengan Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, kan tidak susah. Kalau tidak sulit, sudah cocok jadi calon Wakil Bupati. Bupatinya, Irfendi Arbi dan calon Wakil Bupati nya Safaruddin Datuak Bandaro Rajo,” ungkap Ketua LKAAM Propinsi Sumatera Barat, M.Hayuti Dt Pangulu, disambut tepuk tangan gemuruh para pemangku adat yang hadir dalam acara tersebut.   

Menurut M.Hayuti Datuak Rajo Pangulu, Irfendi Arbi dan Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, sangat cocok berdampingan karena sama-sama peduli dengan niniak mamak.  “Jadi, sangat pantas ke duanya disatukan,”  tukas M.Hayuti Datuak Rajo Pangulu.  

Disebutkan M.Hayuti Datuak Rajo Pangulu itu, Irfendi Arbi dan Safaruddin Datuak Bandaro Rajo sama-sama punya partai dan posisinya sama-sama ketua partai.  “ Jika digabungkan PDI-P dengan Partai Golkar, sudah lengkap 7 kursi. Artinya, sudah bisa mengusung pasangan calon bupati dan calon wakil bupati,” ujar M.Hayuti Datuak Rajo Pangulu.

Meski pun dilewakan secara tak resmi oleh Ketua LKAAM Propinsi Sumatera Barat, M.Hayuti Dt Pangulu, baik Irfendi Arbi dan Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, terlihat hanya sama-sama tersenyum penuh arti.

Bahkan, ketika ditanya sambil bersiloroh oleh M.Hayuti Dt Pangulu, apakah Irfendi Arbi dan Safaruddin Dt. Bandaro Rajo,benar akan berpasangan. “ Kalau iya, akan saya lewakan,”ujar M.Hayuti Dt Pangulu, kedua calon kuat Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota itu terdengar mengaminkan.

DAPAT RESTU PARTAI GOLKAR

Ranah politik Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh-Kabupaten Limapuluh Kota, red) beberapa hari belakangan ini benar-benar heboh atas munculnya pemberitaan di media massa bahwa, bupati incumbent Irfendi Arbi akan berpasangan dengan mantan Ketua DPRD Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo pada Pilkada yang akan digelar Desember 2020 mendatang.

https://www.dekadepos.com/diekspose-media-partai-golkar-warga-luak-limopuluah-yakin-irfendi-datuak-safar-bakal-berpasangan/

Kabar itu semakin buncah, tatkala media daring milik keluarga besar Partai Golkar bernama Golkarpedia.com, juga mengekpose keberadaan ke dua tokoh besar itu di ranah politik Pilkada Limapuluh Kota.

Dengan judul berita “Safaruddin Dt Bandaro Rajo Siap Dampingi Irfendi Arbi di Pilbup Limapuluhkota”, seakan-akan memberi jawaban kepada publik bahwa, para petinggi DPP Partai Golkar sudah merestui Safaruddin Dt.Bandaro Rajo yang sudah 4 periode duduk sebagai anggota dewan di DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, dan kini, dipercaya menjadi wakil rakyat di DPRD Propinsi Sumatera Barat, siap mendampingi Irfendi Arbi.

Benarkah Irfendi Arbi-Safarudin Datuak Bandaro Rajo, akan berpasangan pada Pilkada Limapuluh Kota yang akan digelar Desember 2020 mendatang?  Kita lihat saja nanti. (ds)