Maju Sebagai Balon Wabup Tanah Datar, Basri Latief Makin Gesit Bersosialisasi

oleh -246 views

TANAH DATAR, dekadepos.com- 

Terbukanya peluang maju berpasangan dengan Wakil Bupati incumbent H.Zuldafri Darma,SH, ternyata kesempatan tersebut dimanfaatkan Basri Latief.SH Datuak Majo Basa untuk semakin gesit bersosialisasi ke tengah masyarakat, utamanya kepada masyarakat yang berada di daerah basis yakni Kecamatan Batipuah Selatan, Kecamatan Batipuah dan Kecamatan X Koto.

Diakui Basri Latief, sejak namanya mengapung maju sebagai bakal calon (balon) Wakil Bupati, dan belakangan berpeluang untuk maju berpasangan dengan Wakil Bupati incumbent H.Zuldafri Darma,SH, kondisi ini dimanfaatkannya untuk terus melalukan sosialisasi ke tengah masyarakat.

“ Dalam banyak kegiatan di sejumlah nagari di Kecamatan Batipuah Selatan, Kecamatan Batipuah dan Kecamatan X Koto, banyak tokoh masyarakat, ninik mamak, tokoh pemuda, Bundo Kanduang yang memberikan dukungan untuk maju sebagai balon Wakil Bupati Tanah Datar.

Apalagi dalam sejarah, belum pernah ada putra asal Kecamatan Batipuah Selatan  yang maju sebagai bakal calon Kepala Daerah.

“Setelah saya resmi mendaftar maju sebagai balon Wakil Bupati dibeberapa partai politik dan sudah ada komunikasi politik akan berpasangan dengan Wakil Bupati incumbent  H.Zuldafri Darma,SH, maka dukungan demi dukungan dari masyarakat Kecamatan Batipuah Selatan, Kecamatan Batipuah dan Kecamatan X Koto yang menjadi basis, terus mengalir,” ungkap Basri Latief.

Diakui Basri Latief, dari banyak kegiatan sosialisasi yang telah dilakukannya mendapat dukungan antusias dari masyarakat. Pasalnya, warga Kecamatan Batipuah Selatan, Kecamatan Batipuah dan Kecamatan X Koto, sangat merindukan ada putra daerah dari wilayah Barat duduk sebagai Kepala Daerah, karena selama ini belum ada putra daerah dari wilayah Barat yang menjadi Kepala Daerah di Kabupaten Tanah Datar.

“Secara peta wilayah, menggabungkan putra asli Wilayah Barat dan putra Wilayah Timur, tentunya sangat menguntungkan berpasangan maju antara Basri Latief dengan Zuldafri Darma. Apalagi didukung dengan keberadaan istri yang sama-sama asli Kabupaten Tanah Datar, tentunya secara kajian politik, ini sudah klop dan sangat menguntungkan bagi kita maju merebut kursi Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar, ” aku Basri Latief.

Menurut Basri Latief, ketika dirinya menghadiri kegiatan sosial gotong royong yang digelar masyarakat di Mesjid Musyahadah Jorong  Tangah XX Padang Laweh, Malalo, Kecamatan Batipuah Selatan, Minggu 15 Maret 2020 lalu yang dihadiri ratusan masyarakat, maka sejumlah tokoh masyarakat  setempat menyatakan dukungan siap memenangkan Basri Latief dengan Wakil Bupati incumbent  H.Zuldafri Darma,SH.

Menurut tokoh masyarakat setempat, H. Armaini, Ahmad Sati dan tokoh pemuda, Hendra Fahmi dan Muhammad Efendi, warga Malalo akan berjuang mati-matian untuk kemenangan pasangan Basri Latief- Zuldafri Darma.

DIDUKUNG PERWATAR LUAK LIMOPULUAH

Beredarnya kabar kemungkinan Basri Latief akan berpasangan dengan Wakil Bupati incumbent Zuldafri Darma dan konon sudah mendapat restu dan dukungan dari  Tim Pilkada Pusat Dewan Pimpinan Pusat (TPP-DPP) Partai Hanura, ternyata tak hanya masyarakat Kecamatan Batipuah Selatan, Kecamatan Batipuah dan Kecamatan X Koto saja yang akan memberikan dukungan.

Namun sesuai dengan pengakuan sesepuh Persatuan Warga Tanah Datar (Perwatar) Luhak Limopuluah. (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota,red), Yanto Sutan Sati, para perantau yang ada di dua daerah itu juga akan berjuang memenangkan pasangan Basri Latief- Zuldafri Darma.

Sebagai putra Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Basri Latief yang lama berkarir sebagai PNS di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota dengan jabatan terakhir Kepala Samsat Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Bahkan, pernah menjadi wakil rakyat di Kota DPRD Payakumbuh dan saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPC Partai Hanura Kota Payakumbuh, keberadaan Basri Latief, pantas dipasangkan dengan Wakil Bupati incumbent H.Zuldafri Darma.

“Jika lobbi politik memasangankan Basri Latief- Zuldafri Darma dapat diwujudkan, keluarga besar Perwatar Luak Limopuluah sepakat akan memberikan dukungan,” ujar Yanto Sutan Sati.

Diakui Yanto Sutan Sati, Basri Latief adalah sosok tokoh yang berhasil selama mengabdi di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, baik sewaktu bertugas sebagai Kepala Samsat Payakumbuh dan Kepala Samsat Kabupaten Limapuluh Kota.

Tidak hanya itu, selama Basri Latief menjabat sebagai wakil rakyat di DPRD Kota Payakumbuh, Basri Latief sangat dekat dengan masyarakat. Selain rendah hati dia punya jiwa sosial dan suka menolong kepada masyarakat yang membutuhkan bantuannya.

“ Intinya, jika Zuldafri Darma-Basri Latief benar-benar berpasangan maju dalam Pilkada Kabupaten Tanah Datar, anak rantau yang bermukim di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota siap pulang kampung untuk memenangkan pasangan Zuldafri Darma-Basri Latief,”pungkas Yanto Sutan Sati. (ds)