Makin Menarik, Muncul Nama H. Irwandi – David Chalik Maju Pilkada Bukittinggi

oleh -3.297 views

Bukittinggi, dekadepos.com

Suhu Politik Pilkada kota Bukittinggi semakin menarik untuk diikuti, sebab tiba-tiba muncul Pasangan baru H.Irwandi (Petahana, wakil Walikota Bukittinggi sekarang-red) yang berpasangan dengan Aktor ganteng David Chalik.

Semua pasangan yang muncul yang akan diusung Partai Politik itu saling Klaim didukung partai politik (Parpol) yang memiliki hak untuk mendukung.

Seperti yang diketahui bersama beberapa pasangan Bakal calon Walikota dan wakil Walikota Bukittinggi telah mendeklarasikan dirinya sebagai bakal calon walikota dan wakil Walikota Bukittinggi yang akan bertarung pada Pilkada kota Bukittinggi 9 Desember 2020 mendatang.

Seperti pasangan Hj.Yemmelia – H.Sadri MK yang mendapat dukungan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Pasangan Yontrimansyah –H.Chairunnas yang akan diusung Partai Demokrat serta terakhir muncul nama H.Irwandi – David Chalik yang konon kabarnya akan diusung Partai Amanat Nasional (PAN).

Informasi yang diperoleh Dekadepos dan informasi yang berkembang, kalau Senin (27/7) ataupun Selasa (28/7), pasangan H.Irwandi-David Chalik akan bertemu Pengurus DPP.PAN di Jakarta.

Apabila, DPP.PAN merekomendasikan Pasangan H.Irwandi-David Chalik, maka tiga Pasang bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi, Hj.Yemmelia – H.Sadri MK yang dicalonkan PPP, Yontrimansyah-H.Chairunnas yang dicalonkan Partai Demokrat dan pasangan H.Irwandi-David Chalik yang akan didukung PAN, harus mencari Partai Koalisi.

Syarat untuk menjadi calon Walikota dan wakil Walikota Bukittinggi, harus didukung Partai Poklitik yang memiliki 5 kursi di DPRD. Sedangkan untuk PPP hanya memiliki 2 kursi, PAN 3 kursi dan Demokrat 4 Kursi.

Artinya ketiga partai yang telah menentukan Bakal calonnya itu harus mencari tambahan kursi agar cukup 5 kursi, tentunya dengan berkoalisi dengan partai lain.

Sementara 2 Partai lagi yang belum menentukan calonnya yaitu Partai Nasdem dan PKB yang merupakan satu Fraksi di DPRD Bukittinggi.

Sementara Partai besar, seperti Gerinda dan PKS sudah dipastikan mengusung pasangan H.Erman Safar – H.Marpendi dan ditambah Partai Golkar yang telah memberikan sinyal mendukung pasangan H.Erman Safar-Marpendi.

Dengan komposisi itu, Tiga Bakal pasangan calon Walikota dan wakil Walikota Bukittinggi, Hj.Yemmelia-H.Sadri MK. Pasangan Yontrimansyah – H.Chairunnas dan Pasangan H.Irwandi – David Chalik harus mendapatkan Partai Nasdem dan PKB yang satu Fraksi di DPRD itu.

Dan apabila, koalisi Partai itu dapat dilakukan salah satu pasangan calon, maka dua pasangan calon lainnya akan terdepak dari Pencalonan Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi pada Pilkada serentak tahun 2020 ini.

Kecuali ada salah satu pasang calon yang mengalah,maka dua dari tiga pasang calon yang memperebut kantambahan kursi itu dapat maju pada Pilkada tahun ini.

Misalnya, Pasangan Hj.Yemmelia-H.Sadri MK yang didukung PPP dapat melobi Fraksi Nasdem-PB. Maka Pasangan Yontrimansyah-H.Chairunnas yang didukung Partai Demokrat dan pasangan H.Irwandi-David Chalik yang bakal didukung PAN akan terdepak karena kursi yang dimiliki tidak mencukupi.

Sebaliknya, apabila pasangan Yontrimansyah-H.Chairunnas mendapatkan Fraksi Nasdem-PKB, maka pasangan Hj.Yemmelia-H.Sadri MK dan pasangan H.Ir wandi-David Chalik yang akan terdepak, begitu juga kalau
pasangan H.Irwandi-David Chalik yang mendapatkan Nasdem-PKB, maka pasangan Hj.Yemmelia-H.Sadri MK dan pasangan Yontrimansyah-H.Chairunnas yang akan terdepak.

Seharusnya, Bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi yang akan bertarung pada Pilkada serentak 2020 ini, bisa empat pasang dari partai Politik. Apabila Partai Politik betul betul ingin menegakan Marwah Partai Politik dan merekomendasikan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi yang mengapung selama ini dan yang telah mendeklarasikan pasangannya.

Seperti pasangan H.Erman Safar sudah mulus mencalonkan diri, karena didukung dua partai besar, Gerindra dan PKS, sedangkan untuk Golkar
tidak memisahkan diri dari Fraksi Karya Pembangunan yang terdiri dari Golkar dan PPP yang telah merekomendasikan pasangan Hj.Yemmelia-H.Sadri MK. Untuk Pasangan Yontrimansyah-H.Chairunnas yang
diusung Partai Demokrat turut di dukung PKB dan Pasangan H.Irwandi-David Chalik yang bakal akan didukung PAN juga didukung Partai Nasdem.

Sementara itu untuk Bakal Calon Pasangan perseorangan, sudah dapat dipastikan hanya satu pasang yang lolos Verifikasi faktual, yaitu pasangan petahana H. Ramlan Nurmatias-H.Syahrizal Dt Palang Gagah. Sedangkan yang dua pasang lagi H.Martias Tanjung-Taufik Dt Laweh dan Pasangan Muhammad Fadli-Yon Afrizal di beri kesempatan untuk memperbaiki kekurangannya sampai Selasa (27/7) besok. (Edis)