Manggilang Diterjang Banjir, Jalan Sumbar-Riau Sempat Lumpuh Beberapa Jam

oleh -460 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Hujan deras yang terjadi sejak Kamis sore menjelang malam (29/4/2021) mengakibatkan air sungai meluap dan merendam perkampungan penduduk di Nagari Manggilang, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Limapuluh Kota, Joni Amir, yang diminta komentarnya secara terpisah dengan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Limapuluh Kota Rahmadinol, membenarkan terjadinya peristiwa bencana alam banjir tersebut.

“Benar, saat ini memang ada peristiwa banjir di kawasan Kecamatan Pangkalan. Sungai Batang Manggilang yang berada di Nagari Manggilang meluap. Mengakibatkan 3 wilayah jorong yang ada di nagari tersebut terendam banjir. Sedikitnya, sekitar 80 rumah terendam dan saat ini sedang dilakukan pendataan. Pihak Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Limapuluh Kota, Pos SAR dibantu aparat kepolisian dan TNI sedang persiapan untuk cheking akan turun malam ini ke lokasi,” sebut Joni Amir dan Rahmadinol.

Rahmadinol mengakui, tidak ada korban jiwa atas musibah banjir yang telah menggenang Nagari Manggilang tersebut. Namun puluhan rumah, ladang pertanian, kandang ternak milik masyarakat, sempat terendam banjir. Tak hanya itu, jalan Sumbar-Riau dikabarkan sempat lumpuh beberapa jam untuk kemudian pulih kembali menjelang Kamis malam.

Sementara itu Kapolres Limapuluh Kota melalui Wakapolres Kompol Russirwan kepada wartawan Kamis malam (29/4/2021) membenarkan terjadinya bencana alam banjir yang menerjang Nagari Manggilang yang berada di jalan lintas Sumbar-Riau itu.

“ Benar, telah terjadi bencana banjir di Nagari Manggilang. Dari laporan yang diterima dari masyarakat setempat, tidak terjadi korban jiwa dalam bencana bajir tersebut. Namun demikian, warga Manggilang yang perkampungannya berada di aliran Batang Manggilang diminta untuk terus berhat-hati dan waspada jika intensitas hujan makin tinggi kemungkinan luapan air sungai makin membesar,” ujar Kompol Russirwan yang akrap disapa ‘Ayah’ itu memberikan peringatan.

Lebih jauh diungkapan Kompol Russirwan, saat ini petugas kepolisian dari PolsekPangkalan telah berada di lokasi. Menurut informasi, lalulintas Sumbar-Riau menjelang malam sudah aman dan terkendali dan sudah dapat dilewati. (ds)