Muncul Lagi Varian Baru Covid-19, WHO Beri Nama Omicron

oleh -25 views
ilustrasi covid 19

Kesehatan, dekadepos.com

Virus Covid 19 Masih belum berhenti bermutasi, kini muncul lagi varian terbaru yang sudah menyebar di beberapa negara.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan varian tersebut bernama Omicron atau virus corona varian B.1.1.529.

Menurut WHO, kemungkinan varian ini akan meyebar lebih cepat dari varian lainnya.

Mengutip berbagai sumber, Omicron pertama kali ditemukan di Afrika Selatan juga sudah terdeteksi di beberapa wilayah dan negara lain seperti Hongkong, Belgia, Israel, Belanda, dan Jerman

“Varian Covid-19 Omicron membawa risiko lonjakan kasus infeksi sangat tinggi,” kata WHO Senin (29/11/2021).

Indonesia Waspada

Untuk mencegah varian Omicron masuk ke Indonesia
Pemerintah setempat memberlakukan 4 aturan baru masuk Indonesia bagi masyarakat yang selesai berpergian atau baru mau masuk ke Tanah Air.

Menurut Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, aturan baru yang dikeluarkan pemerintah pada Minggu (28/11/2021) diantaranya pelarangan Warga Negara Asing masuk indonesia dan Warga Negara Indonesia Karantina 14 hari.

WNA yang pernah tinggal dan mengunjungi 11 negara dalam kurun waktu 14 hari dilarang masuk Indonesia. Daftar 11 negara tersebut yaitu Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, Malawi, Angola, Zambia, dan Hong Kong.

Warga Negara Indonesia atau WNI yang pernah tinggal dan mengunjungi 11 negara tersebut boleh masuk ke Indonesia, tapi wajib karantina 14 hari.

WNI dan WNA yang datang dari luar 11 negara tersebut boleh masuk ke Indonesia, tapi masa karantina diperpanjang dari semula 3 hari menjadi 7 hari.

Serta peraturan untuk WNA Khusus, untuk WNA dari negara yang sudah menyepakati Travel Corridor Aggreement (TCA) dengan Indonesia yaitu Cina, Korea Selatan, dan Uni Emirat Arab. Lalu, pemegang visa diplomatik dan dinas, kunjungan setingkat menteri ke atas beserta rombongan, dan delegasi negara anggota G20. Para WNA ini tak perlu menjalani karantina di Indonesia. Tapi, mereka wajib tes PCR 3X24 jam sebelum berangkat dan tes PCR ulang saat tiba di Indonesia.

Ketatkan Protokol Kesehatan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan juga meminta masyarakat tak panik dengan munculnya varian baru Covid-19 B.1.1.529 atau varian Omicron ini.

Menurut dia, masyarakat hanya perlu waspada dan mengetatkan protokol kesehatan.

“Masyarakat tidak panik karena varian Omicron. Kita hanya perlu waspada dan berjaga-jaga dengan kembali mengetatkan penerapan protokol kesehatan yang sudah mulai terlihat abai ini,” kata Luhut, Selasa (30/11/2021).

(rdo)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.